PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 TANJUNG JABUNG TIMUR

Irwan, Irwan and Muhsinin, Umil and Safita, Reny (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 TANJUNG JABUNG TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUTHA JAMBI.

[img] Text
IRWAN.pdf - Published Version

Download (866kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah unluk membuktikan ada tidaknya pengaruh penggunaan melode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa. Penelilian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Alas Negeri 9 Tanjung Jabung Timur dengan sampel kelas X. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelilian yang digun.akan adalah Posttest-Only Control Desain. Sampel penelilian ini ada dua kelas yai u kelas X2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang. Sedangkan sebagai kelas eksperimen adalah kelas X1 yang menggunakan melode pembelajaran problem solving dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode duster random sampling. lnslrumen penelitian yang diberikan berupa tes dengan tipe pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan maleri ekosislem. Analisis data menggunakan uji-1 dari kedua kelompok diperoleh nilai lh"""' sebesar 3,572, sedangkan ltabet pada laraf signifikasi 5% dengan db = 72 didapalltabel sebesar 1.996 (inlerpolasi), maka dapal dikalakan bahwa I"'""' > ltabel• Dari hasil uji-1, didapatkan perbedaan yang cukup signifikan. Pada pengujian korelasi phi (q>), didapalkan nilai q> = 0,391, sedangkan rtabet pada laraf signifikasi 5% dengan db =72 didapat r1abel sebesar 0.2318 Onlerpolasi). maka dapal dikalakan bahwa r"'""' > r1abel Hal ini menunjukkan bahwa lerdapal pengaruh penggunaan melode pembelajaran problem solving lerhadap hasil belajar siswa. Dengan menggunakan koefisien delenminasi didapalkan besar pengaruh melode pembelajaran problem solving sebesar 15,30%. dengan kala lain pengaruh melode pembelajaran problem solving dalam proses pembelajaran lerhadap hasil belajar sebesar 15,30% dan sisanya 84,70% dilenlukan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Melode Pembelajaran problem solving, Biologi, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:18
Last Modified: 27 Aug 2021 02:18
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8853

Actions (login required)

View Item View Item