STRATEGI BIMBINGAN DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEMANDIRIAN ANAK AUTIS PADA SEKOLAH LUAR BIASA PROF.DR SRI SOWEDEWI MASJCHUN SOFWAN, SH KOTA JAMBI.

Azwar Hanas, UB140074 and Sya'roni, and Hasanah, Neneng (2018) STRATEGI BIMBINGAN DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEMANDIRIAN ANAK AUTIS PADA SEKOLAH LUAR BIASA PROF.DR SRI SOWEDEWI MASJCHUN SOFWAN, SH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
UB140074 AZWAR HANAS JURUSAN BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM - azwar samsir.pdf

Download (3MB)

Abstract

Autisme adalah gangguan perkembangan perpasif pada anak yang ditandai denganadanya gangguan dan keterlambatan dalam bidang kognitif, bahasa, perilaku,dan interaksi sosial. Jumlah anak yang terkena autismesemakin hari semakin meningkat pesat. Dengan adanya metode diagnosis yang kian berkembang hampir dipastikan jumlah anak yang terkena autisme akan semakin besar. Bahkan jumlah penderita autisme semakin hari semakin menghawatirkan, baik bagi orang tua, masyarakat maupun pemerintah. Autisme adalah gangguanperkembangan pada anak yang gejalanya sudah timbul sebelum anak itumencapai usia tiga tahun. Penyebab autisme adalah gangguan neurobiologisberat yang mempengaruhi fungsi otak sedemikian rupa sehingga anak tidakmampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan dunia luar secara efektif.Dengan adanya strategis terapis dalam mendidik kemandirian anak Autismediharapkan adanya perubahan dalam kemandirian terhadap kepribadian anak tersebut. Masalah yang terjadi diatas maka dalam penelitian ini, peneliti akan memfokuskan lebih jauh dan mendalam Strategis bimbingan dalam meningkatkan sikap kemandirian anak autisdi Sekolah Luar Biasa ProfDr.Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan kualitatif deskriptif, dengan mendeskripsikan strategis terapis merupakan proses pemberian bantuan yang terus menerus dari seorang guru terhadap siswa yang sedang mengalami gangguan Autismeguna melatih kemandirian siswa dalam melakukan aktifitas sehari hari. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data berupa observasi, penyajian data dan verifikasi data. Dari penelitian ini maka penulis menemukan bahwa faktor yang mempengaruhi anak Autismeadalah faktor dari dalam dan dari luar, bentuk upaya terapis yang diberikan dengan dua metode yang pertama dengan langsung (lisan) baik secara face to face maupun massal, yang kedua menggunakan metode tidak langsung Seperti: mainan, dan keefektifan terapis yang di berikan belum membentuk kemandirian anak dengan yang diinginkan. Hal ini membuktikan dengan adanya Strategi bimbingan dalam meningkatkan sikap kemandirian anak autispada Sekolah Luar Biasa Prof Dr.Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH Kota Jambi. sangat dibutuhkan sebagai membantu proses terapis siswa terhadap kemandirian siswa yang memiliki keterbelakangan mental (autisme.)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Bimbingan , Kemandirian, Siswa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:26
Last Modified: 06 Feb 2020 03:26
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/883

Actions (login required)

View Item View Item