EFEKTIVITAS KOMUNIKASI NONVERBAL DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA TERHADAP ANAK TUNAWICARA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERIMUARO JAMBI

Lilis Setyowati, UK140129 and Salim, Agus and Kusnadi, Edy (2018) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI NONVERBAL DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA TERHADAP ANAK TUNAWICARA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERIMUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
UK. 140129 LILIS SETYOWATI KPI - Lilis Setyowati.pdf

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi adalah suatu aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia, dalam kehidupan sehari-hari kita tidak dapat menghindari yang namanya komunikasi, baik pada diri sendiri maupun orang lain, dari kelompok kecil ke kelompok besar. Namun dalam kegiatan komunikasi terkadang ditemukan hambatan dalam proses penyampaian pesan, pengiriman pesan, sampai pemahaman pesan, khususnya untuk anak penyandang tunawicara sangat dibutuhkan kemampuan khusus dari seorang guru atau pembina tentang bagaimana mengajar dan memberikan intruksi dalam upaya pemberian ilmu pengetahuan sesuai dengan kurikulum yang ada. Terlepas dari hal itu peneltian ini dilatarbelakangi oleh realitas yang terjadi dalam ruang lingkup anak penyandang tunawicara yang menggunakan bahasa isyarat atau bahasa nonverbal di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Muaro Jambi Desa Bukit Baling. Hal ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian tentang bagaimana keefektifan komunikasi nonverbal dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan terhadap anak tunawicara khususnya dibidang keagamaan. Pendekatan penelitan yang penulis gunakan adalah (library research) dalam tehnis deskriptif kualitatif eksploratif, dengan menekankan pada sumber tertulis terutama pada keefektifan komunikasi nonverbal dalam menanamkan nilai-nilai agama terhadap anak tunawicara. Peneitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi, wawancara, dan observasi dengan menerapkan teknik analisis. Hasilnya penulis menemukan bahwa proses keefektifan komunikasi nonverbal dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan dengan menggunakan bahasa isyarat, lambang, kode, bahkan juga bisa menggunakan buku isyarat (SIBI). Komunikasi nonverbal sangat berperan penting dalam mewujudkan komunikasi efektif antara pembina/guru dan penyandang tunawicara dalam menyampaikan pelajaran yang berkaitan dengan agama, dan tingkah laku. Wujud nyata dari efektifnya komunikasi nonverbal yang dilakukan pembina terhadap anak tunawicara timbulnya pengaruh (feed back) yang baik terhadap anak tunawicara dengan cara meniru pembina apa yang telah diintuksikan. Akhirnya penulis merekomendasikan kepada penyandang tunawicara agar dapat menggunakan bahasa isyarat yang baik agar mudah dimengerti oleh lawan bicaranya, dan bagi orang yang normal disarankan untuk membantu dengan menggunakan bahasa yang baik dan isyarat yang benar agar mempermudah penyandang tunawicara memahaminya sehingga keduanya bisa menjalin kmunikasi secara efektif. Perlu diketahui juga bagi orang normal jangan pernah saling mengejek dan mencemooh. Kalau bisa menghargai satu sama lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 06 Feb 2020 02:10
Last Modified: 06 Feb 2020 02:10
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/878

Actions (login required)

View Item View Item