PERAN TOKOH MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN REMAJA SHALAT BERJAMAAH DI MASJID (STUDI DI DESA KEBON IX KABUPATEN MUARO JAMBI)

Septian Dwi Putra, UK140135 and Sururuddin, and Junaidi, Muhammad (2018) PERAN TOKOH MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN REMAJA SHALAT BERJAMAAH DI MASJID (STUDI DI DESA KEBON IX KABUPATEN MUARO JAMBI). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
UK140135 Septian Dwi Putra Komunikasi Penyiaran Islam - Fatur Rahman.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran remaja dalam melaksanakan shalat berjamaah di Masjid . Itu bisa dilihat masih sedikitnya remaja yang melaksanakan shalat berjamaah di masjid. Dari banyaknya remaja yang ada hanya ada 6 sampai 8 orang saja yang melaksanakan shalat berjamaah di msajid. Itu disebabkan karena, kurangnya pemahaman agama, lingkungan masyarakat, kurangnya niat, kurangnya perhatian orang tua, faktor gadget, apalagi terhadap perkembangan informasi dan teknologi yang semakin berkembang. Sehingga para remaja enggan atau tidak mau melaksanakan shalat berjamaah di Masjid. Dalam hal ini peranan Tokoh Masyarakat khususnya Tokoh Agama menjadi sangat penting dalam perkembangan umat manusia dalam hal ibadah. Dalam islam, ibadah dan amal shaleh merupakan bagian terpenting yang menunjukkan eksistensi agama ditengah-tengah umat manusia. Tokoh Masyarakat dituntut untuk dapat meningkatkan kesadaran remaja untuk melaksanakan shalat berjamaah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan Kualitatif deskriptif. Penulis memaparkan bagaimana peran Tokoh Masyarakat dalam meningkatkan kesadaran remaja untuk shalat berjamaah di Masjid serta mengetahui faktor penghambat remaja untuk shalat berjamaah di Masjid, Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Faktor penghambat remaja dalam shalat berjamaah yaitu kurangnya pemahaman agama, pengaruh gadget, kurangnya niat, kurangnya perhatian orang tua dan lingkungan masyarakat. Dan peran dan Upaya Tokoh Masyarakat untuk meningkatkan kesadaran remaja shalat berjamaah sudah dilakukan dengan baik yaitu dengan cara membuat sebuah pengajian, sosialisasi, dan mengajak masyarakat untuk melaksanakan shalat berjamaah. Namun dilihat dari masih sedikitnya remaja yang shalat berjamaah di masjid, itu menandakan masih rendahnya kesadaran remaja dalam hal ibadah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 06 Feb 2020 02:00
Last Modified: 06 Feb 2020 02:00
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/876

Actions (login required)

View Item View Item