PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAJUAN USAHA (STUDI PADA 212 MART KAMBANG KOTA JAMBI)

Azim, Abdul and Mubyarto, Novi and Fielnanda, Refky (2020) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAJUAN USAHA (STUDI PADA 212 MART KAMBANG KOTA JAMBI). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Penerapan Etika Bisnis Islam dan Dampaknya Terhadap Kemajuan Usaha (Studi Pada 212 Mart Kambang Kota Jambi))
SKRIPSI ABDUL AZIM.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Etika Bisnis Islam Dan Dampaknya Terhadap Kemajuan Usaha Pada 212 Mart Kambang Kota Jambi yang meliputi ; (1) Penerapan etika bisnis Islam sesuai dengan etika bisnis Rosulullah SAW (2) Penerapan etika bisnis Islam sesuai dengan 5 Aksioma etika bisnis. Dan yang menjadi indikator kemajuan usaha yaitu ; (1) Modal, (2) Pendapatan, (3) Volume Penjualan, (4) Tenaga kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan etika bisnis Islam sesuai etika bisnis Rosulullah SAW dan 5 aksioma etika bisnis Islam telah diterapkan dengan baik di 212 Mart Kambang Kota Jambi, baik itu sesuai dengan etika bisnis Rosulullah SAW dan 5 Aksioma etika bisnis.namun penerapan tersebut tidak berdampak positif bagi kemajuan usaha hal itu ditandai dengan volume penjualan dan hasil pendapatan yang fluktuasi, karena jika volume penjualan dan pendapatan suatu perusahaan terus menerus meningkat maka otomatis modal akan meningkat dan kemungkinan perusahaan tersebut akan maju lebih besar. Walaupun tenaga kerja sudah menjalankan tugasnya dengan baik dan sesuai SOP namun tidak menjamin volume penjualan akan terus meningkat sehingga pendapatan dan modal tidak terus meningkat, maka kemungkinan perusahaan akan maju lebih kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Etika Bisnis Islam, Kemajuan Usaha
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 29 Jul 2021 03:10
Last Modified: 29 Jul 2021 03:13
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8723

Actions (login required)

View Item View Item