PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SDN 172/1 BELANTI JAYA KEC MERSAM KAB BATANGHARI

Ummy Syafithri, TPG141172 and Ahmad, Saidah and Ikhtiati, (2018) PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SDN 172/1 BELANTI JAYA KEC MERSAM KAB BATANGHARI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
UMMY SYAFITHRI-TPG 141172 - Ummy Syafithri.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Menggunakan Mixed Methods (campuran kualitatif dan kuantitatif) yang bertujuan untuk meningkatkan rendahnya keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA Kelas V SDN 172/1 Belanti Jaya. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui 4 tahapan yang mencakup Perencanaan,Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan aktifitas belajar siswa dapat di diukur dari evaluasi siklus I, dan siklus II dengan nilai aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 63,125% dan siklus II 86,875%. Sedangkan peningkatan hasil keaktifan belajar siswa dapat diukur dari setiap siklusnya, keaktifan siswa pada siklus I sebesar 3,11 dengan kategori „‟ mendek atiaktif‟ ‟ dan keaktifan siswa pada siklus II sebesar 4,15 dengan kategori „‟ mendekati sangat aktif‟ ‟ . Dengan demikian hasil penelitian di SDN 172/1 Belanti Jaya telah tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Snowball Throwing, Pembelajaran IPA, Keaktifan Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 05 Feb 2020 04:29
Last Modified: 05 Feb 2020 04:31
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/872

Actions (login required)

View Item View Item