PERSEPSI MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI: STUDI PADA KANTOR SAT LANTAS KABUPATEN BUNGO

Afriani, UR140141 and Zikwan, and Husein, Usrial (2018) PERSEPSI MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI: STUDI PADA KANTOR SAT LANTAS KABUPATEN BUNGO. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
UR.140141_AFRIANI_PUBLIC RELATION - Afriani idrus.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang pelayanan yang diberikan oleh Sat Lantas Polres Bungo kepada masyarakat saat membuat SIM. Kepuasaan masyarakat dari pelayanan yang diberikan oleh Sat Lantas tentunya berpengaruh baik bagi kinerja Sat Lantas karena salah satu tugas Sat Lantas adalah melayani masyarakat dengan baik tanpa pandang bulu. Salah satunya melayani masyarakat yang datang ke kantor Sat Lantas untuk membuat SIM (Surat Izin Mengemudi). Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang terjadi dalam pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi yaitu belum maksimal dalam pelayanannya sehingga menimbulkan keluhan dari masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan data kualitatif. Pendekatan ini dipilih karena memiliki kesesuaian dengan sifat penelitian yang berupaya mengamati kinerja kegiatan Sat Lantas Polres Bungo dalam melayani masyarakat saat membuat SIM. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah tentang pelayanan pembuatan SIM ada berbagai macam pendapat, dari segi pelayanan yang diberikan oleh pihak Sat Lantas Polres Bungo sebagian masyarakat merasakan kepuasan tersendiri dari pelayanan yang diberikan. Namun ada sebagian masyarakat yang merasakan pelayanan yang diberikan jauh harapan salah satunya dari segi administrasi karena biaya pembuatan SIM yang tidak sesuai dengan prosedur, banyak masyarakat yang membuat SIM tanpa tes erlebih dahulu sehingga memakan biaya yang besar. dan juga waktu pembuatan SIM yang memakan waktu sangat lama melebihi prosedur waktu yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Persepsi, Pelayanan pembuatan SIM, Sat Lantas
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 05 Feb 2020 03:16
Last Modified: 05 Feb 2020 03:16
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item View Item