STRATEGI CV. YAMAHA ANEKA MOTOR KELURAHAN SUNGAI BENGKAL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN (KIAT BAGIAN MARKETING DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN)

Sela Yusti, UR140168 and Sururuddin, and Amin, Edi (2018) STRATEGI CV. YAMAHA ANEKA MOTOR KELURAHAN SUNGAI BENGKAL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN (KIAT BAGIAN MARKETING DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
UR.140168, SELA YUSTI, KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM - Sela Yusti.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh realitas yang cukup menarik perhatian, yakni munculnya beberapa perusahaan industri otomotif yang semakin lama semakin meningkat keberadaannya di Indonesia, khususnya di Kelurahan Sungai Bengkal. Bagaimanakah strategi perusahaan otomotif (CV. Yamaha Aneka Motor) dalam meningkatkan jumlah konsumen. Hal ini mendorong penulis untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan salah satu perusahaan otomotif dalam meningkatkan jumlah konsumen. Berdasarkan observasi awal penulis bahwa di daerah Sungai Bengkal banyak ditemuinya masyarakat yang menggunakan produk dari dealer tersebut. Jumlah dealer di Sungai Bengkal juga tergolong banyak yakni terdapat 5 dealer termasuk dealer Yamaha itu sendiri. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif atau akan menggunakan penelitian lapangan (field research). Untuk menjelaskan bagaimana strategi CV. Yamaha Aneka Motor dalam meningkatkan jumlah konsumen. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara Observasi, Wawancara, Dokumentasi, dengan menerapkan tiga teknik analisis data, yakni Reduksi Data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menunjang keabsahan data yang diperoleh maka dilakukan Perpanjang Keikutsertaan, Ketekunan Pengamatan, dan diskusi dengan teman sejawat. Adapun teori yang penulis gunakan adalah strategi, strategi humas, dan konsumen Hasilnya penulis menemukan beberapa strategi yang digunakan oleh CV. Yamaha aneka motor dalam meningkatkan konsumen yakni, strategi pemasaran melalui periklanan, strategi personal selling dan mengikuti event. Dalam menjalankan strategi tersebut pihak dealer juga melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan konsumen seperti, melakukan promosi, sales, melakukan penjualan spare part, menyediakan bengkel servis dan pemeliharaan kendaraan, dan memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen. Dari strategi dan upaya tersebut pihak dealer memiliki 2 kendala yakni Kendala Internal (Kurangnya SDM) Dan Kendala Eksternal (Akses Jalan Yang Kurang Memadai, Nilai Jual Beli Karet dan Sawit, Terbatasnya Jangkauan Internet). Dari strategi dan upaya tersebut pihak dealer mendapatkan hasil bahwa, dengan melakukan beberapa strategi dan upaya tersebut ternyata tidak meningkatkan penjualan sepeda motor hal ini dapat dilihat pada buku tamu dan grafik penjualan. Namun, peningkatan penjualan pada dealer CV. Yamaha Aneka motor dipengaruhi oleh harga jual karet dan kelapa sawit. Hal ini sesuai dengan hasil wawancara penulis dengan kepala cabang dealer Yamaha Aneka motor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 05 Feb 2020 03:12
Last Modified: 05 Feb 2020 03:12
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/865

Actions (login required)

View Item View Item