Implementasi Metode Kauny Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Masjid Nurul Ikhsan Desa Pemusiran Kecamatan Nipah Panjanng Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Anisa, Lutfiah Rahmadani and Kasful, Anwar and Jaya, Jaya (2021) Implementasi Metode Kauny Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Masjid Nurul Ikhsan Desa Pemusiran Kecamatan Nipah Panjanng Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Skripsi thesis, UIN Sultha Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Implementasi Metode Kauny Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di masjid Nurul Ikhsan Desa Pemusiran Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur)
ANISA LUTFIAH RAHMADANI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Peneliti mengangkat masalah tentang bagaimana Implementasi Metode Kauny dalam Pembelajaran Al-Qur‟an dan bertujuan untuk mengetahui tentang Implementasi Metode Kauny di Taman Pendidikan Qur‟an (TPQ) Masjid Nurul Ikhsan Pemusiran. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, yakni langsung terjun kelapangan mendeskripsikan fenomena, informasi dan data yang dilapangan terkait dengan apa yang telah dilakukan. Sumber data dalam penelitian ini adalah orang tua dan guru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Taman Pendidikan Al-Qur‟an Masjid Nurul Ikhsan yang berjumlah 5 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan skunder, sumber data yang digunakan Responden dan Informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik keabsahan data meliputi tringulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah Deskriptif Analitik. Hasil penelitian ini, menyimpulkan bahwa dalam proses penerapannya dapat dilihat murid sudah bisa mempraktekkan cara membaca dan menghafal Al-Qur‟an dengan baik, dan dalam membacanya sudah lancar dan benar sesuai dengan ilmu Tajwid. Makhorijul hurufnya sudah pas akan tetapi ada beberapa murid yang belum bisa dikarenakan baru belajar huruf Hijaiyah dan ditambah materi lain seperti Akhlak, Aqidah dan Fiqih yang dapat membentuk perilaku yang positif dan memperkaya ilmu murid. Hal tersebut merupakan bekal bagi murid dalam kehidupan sehari-hari untuk mengamalkan Al-Qur‟an dengan cara menghiasi diri pada ajaran Agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Implementasi Metode Kauny, Pembelajaran Al-Qur’an
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 08 Jul 2021 03:10
Last Modified: 08 Jul 2021 03:10
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8637

Actions (login required)

View Item View Item