STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF (STUDI DI PT. CHAIRUL UMAM ADDAULI KOTA JAMBI)

Anil Hakim, UR141224 and Su'aidi, and Saripuddin, (2018) STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF (STUDI DI PT. CHAIRUL UMAM ADDAULI KOTA JAMBI). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
ur141224 Anil Hakim Komunikasi dan penyiaran islam - Fatur Rahman.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya citra positif yang terbentuk di tengah masyarakat, kepada salah satu penyelenggara haji dan umrah yaitu PT. Chairul Umam Addauli Kota Jambi. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah jamaah haji pada tiga tahun terakhir. Citra sendiri merupakan salah satu faktor penting yang menunjang kesuksesan sebuah lembaga atau perusahaan, yang mana biasanya dikelola oleh seorang humas. Penelitian yang berjudul “Strategi Humas Dalam Meningkatkan Citra Positif (Studi di PT. Chairul Umam Addauli Kota Jambi) memiliki rumusan masalah pokok bagaimana strategi yang dilakukan humas dalam meningkatkan citra positif PT. Chairul Umam Addauli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan humas untuk meningkatkan citra positif yang telah dimiliki perusahaannya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis metode pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan antara lain mereduksi data, mendisplay data, serta verifikasi data. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh humas dalam meningkatkan citra positif perusahaannya adalah humas memberikan potonngan harga untuk menarik perhatian calon jamaah, humas juga mengundang penceramah lokal yang cukup dikenal, serta humas menjalankan kegiatan CSR sebagai bentuk tanggungjawab dan cara untuk menumbuhkan citra positif dari khalayak. Humas juga berperan menjadi fasilitator dan menjalin hubungan baik kepada pihak internal dan eksternal. Dalam upaya meningkatkan citra positif tersebut humas juga dipengaruhi oleh faktor pendukung seperti lomba da’i muda dan tabligh akbar beberapa waktu lalu. Adapun faktor penghambat humas antara lain limit pembuatan paspor dan visa, citra buruk biro travel haji dan umroh, serta banyaknya penyelenggara haji dan umroh di Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Humas, Citra Positif, Strategi, PT. Chairul Umam Addauli.
Subjects: 300 Ilmu Sosial
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 05 Feb 2020 02:09
Last Modified: 05 Feb 2020 02:09
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/858

Actions (login required)

View Item View Item