KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN SELF-EFFICACY DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AN-NIZHAM KOTA JAMBI

DAMAYANTY, WYTRY and Murtadlo MS, Ali and Wulanda, Mastarita Nova (2021) KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN SELF-EFFICACY DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AN-NIZHAM KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN SELF-EFFICACY DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AN-NIZHAM KOTA JAMBI)
WYTRY DAMAYANTY_208173172.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dilakukan di MTs An-Nizham Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui korelasi antara motivasi belajar dan kemandirian belajar siswa, (2) untuk mengetahui korelasi antara self-efficacy dan kemandirian belajar siswa, (3) untuk mengetahui korelasi antara motivasi belajar dan selfefficacy siswa, dan (4) untuk mengetahui korelasi antara motivasi belajar dan selfefficacy secara bersama-sama dengan kemandirian belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 47 subjek dan sampel penelitian ini berjumlah 34 subjek. Pengumpulan data menggunakan angket berupa skala likert. Analisa penelitian menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa. Dibuktikan dengan harga thitung 14,00 > 2,04 ttabel. Hal itu menunjukan bahwa semakin tinggi motivasi belajar seseorang, maka semakin tinggi pula kemandirian belajar. (2) terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy dengan kemandirian belajar siswa. Dibuktikan dengan harga thitung 2,51 > 2,04 ttabel. Hal itu menunjukan bahwa semakin tinggi self-efficacy seseorang, maka semakin tinggi pula kemandirian belajar. (3) terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar. Dibuktikan dengan harga Fhitung 15,54 > 3,32 Ftabel. Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi self-efficacy dan motivasi belajar seseorang, semakin tinggi pula kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: motivasi, self-efficacy, kemandirian, belajar, matematika
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 25 Jun 2021 06:59
Last Modified: 25 Jun 2021 06:59
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8565

Actions (login required)

View Item View Item