AMALAN BACAAN AL-QUR’AN BAGI IBU HAMIL DI DESA TELUK KETAPANG KECAMATAN SENYERANG KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT (STUDI LIVING QUR’AN)

Anisa Fitri, UT150190 and Nurung, Muhammad and Putri, Sajida (2018) AMALAN BACAAN AL-QUR’AN BAGI IBU HAMIL DI DESA TELUK KETAPANG KECAMATAN SENYERANG KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT (STUDI LIVING QUR’AN). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
UT150190 Anisa Fitri Ilmu Al-Qur_an dan Tafsir - Anisa Fitri.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini membahas mengenai amalan bacaan al-Qur‘an bagi ibu hamil dari Pratik-praktik komunal yang menunjukkan pada presepsi sosial masyarakat atau komunitas tertentu terhadap al-Qur‘an dalam hal ini yaitu Ibu-ibu hamil di desa Teluk Ketapang Kecamatan Senyerang Kabupaten Tanjung Jabung Barat. mengambil surat dan ayat tertentu di dalam al-Qur‘an untuk menjadi amalan pada masa kehamilan. Fokus pembahasan dari penelitian ini adalah yang terkait dengan apa saja surat dan ayat al-Qur‘an yang dijadikan amalan atau bacaan bagi ibu hamil dan kemudian apa keyakinan ibu hamil terhadap amalan surat-surat pilihan tersebut dan sejauh mana pemahaman ibu hamil terhadap surat-surat pilihan yang diamalkan ibu hamil di desa Teluk Ketapang Kecamatan Senyerang Kabupaten Tanjung Jabung Barat. penelitian menggunakan penelitian field research yang menggunakan metodelogi penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui; Observasi,-partisipan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah deskriptif analitik sebagai landasan Teori , penulis menggunkan teori yang digagas oleh Abdul Mujib yang menggunakan pendekatan fenomenologi. Adapun hasil penelitian dalam penulisan ini yaitu pertama surat dan ayat yang dijadikan sebagai amalan pada kehamilan yang pertama surat al Fatihah,Yusuf dan Maryam, adapun keyakinan dari dari pengamalan surat pilihan itu, pertama supaya anak dalam kandungan selalu sehat, dan kelak menjadi anak yang mempunyai paras yang indah dan sholeh sholehah, dimudahkan dalam melahirkan. Sedangkan pemahamannya, ibu hamil tidak memahami secara mendalam mengenai surat dan ayat yang diamalkan mereka hanya memahami cerita yang terdapat pada surat dan ayat yang mereka amalkan. Amalan bacaan al-Qur‘an bagi ibu hamil di desa Teluk Ketapang Kecamatan Senyerang Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Dengan menggunakan teori fenomenologi Abdul Mujib, maka makna yang penulis peroleh dari pendekatan ini ialah pertama makna suatu ketenangan yang didapatkan ibu hamil saat mereka mengamalkanya, kedua makna dimudahkan dalam proses persalinan hal ini yang mereka dapatkan dari hasil pengalaman mereka dalam pengamalan surat dan ayat pilihan yang mereka amalkan pada masa kehamilan. Adapun mengenai sumber dari amalan itu sendiri ialah dari orang tua terdahulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x0 Islam (Umum)
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 05 Feb 2020 01:47
Last Modified: 05 Feb 2020 01:47
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item View Item