PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADARASAH TSANAWIYAH AL-JAUHAREN KELURAHAN TANJUNG JOHOR KECAMATAN PELAYANGAN KOTA JAMBI

Ikrom, Ikrom and Idris, Ilyas and Muhammad, Habib (2020) PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADARASAH TSANAWIYAH AL-JAUHAREN KELURAHAN TANJUNG JOHOR KECAMATAN PELAYANGAN KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADARASAH TSANAWIYAH AL-JAUHAREN KELURAHAN TANJUNG JOHOR KECAMATAN PELAYANGAN KOTA JAMBI)
TP151371 Judul - lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (996kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media dalam pembelajaran fiqih, kendala penggunaan media dalam pembelajaran fiqih dan usaha yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala penggunaan media dalam pembelajaran fiqih. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pertama, Observasi yang dilakukan oleh penulis merupakan pengamatan terhadap suatu objek yang diteliti baik secara langsung maupun tidak langsung untuk memperoleh data yang harus dikumpulkan dalam penelitian. Kedua, Wawancara yang dilakukan oleh penulis dari berbagai macam sumber yakni kepala madrasah, waka kurikulum, guru fiqih, dan siswa-siswi. Ketiga, Dokumentasi yang diambil oleh penulis dilapangan yakni sejarah dan letak geografis, struktur organisasi, keadaan guru dan siswa-siswi, serta keadaan sarana dan prasarana Madrasah Tsanawiyah Al-Jauharen Kelurahan Tanjung Johor Kecamatan Pelayangan Kota Jambi. Penelitian ini menemukan bahwa dengan adanya penggunaan media dalam pembelajaran fiqih mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan lebih kepada peserta didik, guru berusaha menyajikan beberapa media seperti media dalam bentuk gamabr ataupun benda yang dijadikan sebagai alat peraga untuk menunjang proses pembelajaran tersebut. Kendala penggunaan media dalam pembelajaran fiqih diantaranya tingkat pemahaman peserta didik yang bervariasi, keterbatasan media, dan minimmnya pengalaman guru. Usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala penggunaan media dalam pembelajaran fiqih yaitu peningkatan pemahaman terhadap peserta didik, peningkatan kualitas dan kuantitas media, meningkatkan pengalaman pengajaran, dan sinergi guru fiqih dengan kepala di MTs Al-Jauharen Kelurahan Tanjung Johor Kecamatan Pelayangan Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Penggunaan Media, Pembelajaran Fiqih
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 05 Jul 2021 07:16
Last Modified: 05 Jul 2021 07:17
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8530

Actions (login required)

View Item View Item