IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER KEARIFAN BUDAYA LOKAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAJIRIN KOTA JAMBI

Afriyanti, Mutia and Ahmad, Saidah and Fatmawati, Kiki (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER KEARIFAN BUDAYA LOKAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAJIRIN KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Eksrakurikuler Kearifan Budaya Lokal Di Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Kota Jambi)
SKRIPSI mutia afriyanti (204172686).pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Eksrakurikuler Kompangan, Faktor pendukung, faktor penghambat dan Upaya guru dalam mengatasi kendala Implementasi Pendidikan Karakter melalui Eksrakurikuler Kompangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru wali kelas VI, guru kompangan, dan siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Kota Jambi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumenstasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi pendidikan karakter melalui eksrakurikuler kompangankelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin kota jambi dapat diintegrasikan melalui kurikulum dan matapelajaran;dan di implementasikan dalam eksrakurikuler kompangan; (2) faktor-faktor pendukung implementasi pendidikan karakter melalui eksrakurikuler kompangan adanya dukungan dari kepala sekolah, sarana prasarana cukup memadai, motivasi guru dan peserta didik. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya adalah: waktu, lingkungan dan jumlah peserta didik; (3)Terdapat tiga upaya guru dalam mengatasi kendala implementasi pendidikan karakter melalui eksrakurikuler kompangan, di antaranya penambahan waktu pelajaran, menjalin kerjasama yang baik antar guru dan karyawan lainnya, dan selalu menegur siswa jika ada siswa yang berbuat salah dan kalau perlu diberi sanksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 15 Jun 2021 10:25
Last Modified: 15 Jun 2021 10:25
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8427

Actions (login required)

View Item View Item