MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 14 TEBO

Nursimah, Nursimah and Anwar, Kasful and Fadhil, Muhammad (2021) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 14 TEBO. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pendidik dituntut untuk kreatif atau bisa menciptakan suasana yang baru dalam proses pembelajaran. Salah satu yang dapat membantu pendidik dalam proses pembelajaran tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang bisa mengembangkan keterampilan siswa adalah pembelajaran berbasis masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 14 Tebo. Pendekatan dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di laksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Tebo. teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan dilapangan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran pendidikan agama islam di kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Tebo yaitu: 1) Tahap proses pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama islam sudah memenuhi kaidah saintifik, yaitu (a) sesuai dengan silabus dan RPP yang telah dibuat oleh guru bersama kelompok KKG, (b) guru menjabarkan langkah-langkan model pembelajaran berbasis masalah dalam proses pembelajaran, (c) guru mendapatkan silabus, RPP, modul, dan perangkat pembelajaran lain dari workshop dan program Kelompok Kerja Guru (KKG). 2) Tahap pelaksanaan pembelajaran sudah memenuhi kaidah saintifik, yakni dengan mengikuti sintak dari model pembelajaran berbasis masalah tersebut. 3) Tahap evaluasi pembelajaran telah dilakukan dengan beberapa hal seperti: (a) Siswa diberi kesempatan untuk bertanya, (b) Evaluasi pembelajaran tidak hanya dilakukan diakhir pembelajaran saja namun juga dilakukan pada penilaian tengah semester dan akhir semester baik itu menggunakan tes tulis, lisan maupun praktek.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, & Pendidikan agama islam.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 23 Jun 2021 08:33
Last Modified: 23 Jun 2021 08:34
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8407

Actions (login required)

View Item View Item