PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN AL-JAUHAREN JAMBIKOTA SEBERANG KECAMATAN PELAYANGAN KELURAHAN TANJUNG JOHOR

NURKHALIS AKMAL, MUAMMAR and Jaya, Jaya and Kurniawan, Yudi (2021) PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN AL-JAUHAREN JAMBIKOTA SEBERANG KECAMATAN PELAYANGAN KELURAHAN TANJUNG JOHOR. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MUAMMAR NURKHALIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Pondok Pesantren MA Al-Jauharen Jambi Kota Seberang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas XI di Pondok Pesantren Al-Jauharen Jambi kota seberang dengan penerapan Metode Diskusi . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research ). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dari hasil metode observasi, dan tes yaitu cara pelaksanaan metode Diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Al-Jauharen Jambi Kota Seberang, pelaksanaan metode Diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Al-Jauharen Jambi Kota Seberang, hasil pelaksanaan metode diskusi pada mata pelajaran fiqih di MA Al-Jauharen Jambi Kota Seberang. Metode dokumentasi untuk memperoleh sejarah berdirinya pondok pesantren, profil, tujuan, visi dan misi, letak geografis, sarana dan prasarana, serta data siswa dan keadaan tenaga pendidik dan kependidikan di MA Al-Jauharen Jambi Kota Seberang.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XIMA di Pondok PesantrenAlJauharen Jambi Kota Seberang, sedangkan objek penelitian adalah penerapan pembelajaran Fiqih dengan menggunakan Metode Diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Penerapan pembelajaran diskusi dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa kelas XI MA Al-Jauharen sampai tuntas 75 %.Dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi, sebelum berdiskusi secara kelompok siswa berupaya untuk berpikir sendiri terlebih dahulu, kemudian didiskusikan dengan pasangannya sehingga peserta didik telah mempunyai bahan untuk dibawa dalam diskusi kelompok, dengan demikian siswa akan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Hasil Belajar, Metode Diskusi Mata Pelajaran Fiqih.
Subjects: 200 Agama
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 14 Jun 2021 03:47
Last Modified: 14 Jun 2021 03:51
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8305

Actions (login required)

View Item View Item