PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADAMATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH AN-NIZZHAM

SAPUTRA, ANGGEL and Mahluddin, Mahluddin and Azir, Muhammad (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADAMATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH AN-NIZZHAM. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADAMATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH AN-NIZZHAM)
204172621 penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v pada mata pelajaran fiqih di madrasah an-nizzham.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Think Pair Share merupakan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan tahaptahap pembelajaran, yakni tahap berpikir, tahap berpasangan dan tahap berbagi. Dalam TPS, guru memberikan isu atau suatu masalah dan kepada siswa kemudian memberikan waktu beberapa saat untuk memikirkan hal tersebut. TPS dapat meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar dapat di kelompokkan menjadi tiga aspek yaitu : ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor. Penelitian yang peneliti lakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan Kriteria ketuntasan Minimal (KKM) 75, pada siklus I presentase ketuntasan siswa hanya mencapai 62,96% dengan jumlah 17 siswa yang tuntas dan 10 siswa lainnya belum dinyatakan tuntas. Pada siklus kedua presentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 88,88% dengan jumlah 24 siswa yang tuntas, sedangkan hanya ada 3 siswa yang belum dinyatakan tuntas. Berdasarkan analisis tes siklus I dan siklus II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 25,92%, sehingga peneliti menyimpulkan penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas V dengan materi pembelajaran “Kurban”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Think Pair Share, Meningkatkan Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 14 Jun 2021 02:05
Last Modified: 14 Jun 2021 02:05
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8294

Actions (login required)

View Item View Item