EVALUASI METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUNAWARAH

Rahayu, Erni and Mahluddin, Mahluddin and Imran, Imran (2021) EVALUASI METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUNAWARAH. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Evaluasi metode Resitasi dalam pembelajaran tematik materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi di indonesia siswa kelas v madrasah ibtidaiyah al-munawwrah)
SKRIPI ERNI RAHAYU. (4).pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang: evaluasi metode resitasi dalam pembelajaran tematik materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawarah. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan jenis data primer dan sekunder. Subjek penelitian ini yaitu guru, orang tua siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis domain, taksonomi, kompenensial dan triangulasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa evaluasi metode resitasi dalam pembelajaran tematik materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawarah dapat dilihat dari kegiatan guru dalam mengawali pembelajaran atau membuka pelajaran, kegiatan guru ketika melaksanakan pembelajaran dan kegiatan penutup atau mengakhiri pembelajaran, dimana dilaksanakan dengan cukup baik, sistematis dan disesuaikan dengan rancangan pembelajaran yang telah disusun sebelumnya. Kendala evaluasi metode resitasi dalam pembelajaran tematik materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawarah diantaranya adalah siswa kurang aktif dan partisipatif dalam belajar tematik karena masih banyak siswa yang pasif dalam mengikuti pembelajaran. Ketika mengikuti pembelajaran, tidak semua siswa berani bertanya, menjawab dan mengajukan pertanyaan kepada guru ketika dibimbing untuk aktif dan terlibat dalam pembelajaran. Guru masih terlihat kesulitan menciptakan suasana kondusif karena siswa kurang terlibat dalam pembelajaran. Upaya guru memaksimalkan evaluasi metode resitasi dalam pembelajaran tematik materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawarah diantaranya adalah guru mengupayakan untuk selalu membimbing siswa lebih aktif dan terlibat langsung dalam pembelajaran, guru mengupayakan membimbing siswa untuk lebih kreatif dengan mengemukakan pendapat, bertanya, memberikan ide dalam pembelajaran. Guru membimbing keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat sehingga lebih menghidupkan kelas dan memaksimalkan keterlibatakan siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Evaluasi, Metode Resitasi, Pembelajaran Tematik
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 14 Jun 2021 03:16
Last Modified: 14 Jun 2021 03:17
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8273

Actions (login required)

View Item View Item