PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN UMATH (UNO MATHEMATICS) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SEBAGAI LEARNING EXERCISE BAGI SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH JAUHARUL ISLAM

Ficky. ZA, Muhammad Rapsap and Usmar, Ali and Gazali, M. (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN UMATH (UNO MATHEMATICS) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SEBAGAI LEARNING EXERCISE BAGI SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH JAUHARUL ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengembangan Media Permainan UMATH (Uno Mathemacis) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Sebagai Learning Exercise Bagi Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Jauharul Islam)
208173135 Pengembangan Media Permainan UMATH (Uno Mathemacis) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Sebagai Learning Exercise Bagi Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Jauharul Islam.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media permainan yang bersifat edukasi, yaitu permainan kartu UMATH (Uno Mathmeatics). Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan desain penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE meliputi tahapan analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk menguji kevalidan dan kepraktisan media. Tes digunakan untuk melihat keefektifan media. Untuk uji validitas dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba produk dilakukan dua tahap yaitu uji coba terbatas (6 orang peserta didik) dan uji coba pemakaian (30 orang peserta didik) yang dilakukan di kelas VIII. dari hasil perhitungan diproleh presentase 80% dengan kategori “Valid” untuk materi dan presentase 80,9% dengan kategori “Valid” untuk desain media. Presentase kepraktisan sebesar 89% (Sangat Praktis) oleh guru matematika dan presentase 90,6% (Sangat Praktis) oleh peserta didik. media permainan ini efektif untuk digunakan sebagai learning exercise bagi siswa dan dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test, dimana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Media Permainan UMATH (Uno Mathematics), Learning exercise, Model Pengembangan ADDIE
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 22 Jun 2021 08:12
Last Modified: 22 Jun 2021 08:12
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8272

Actions (login required)

View Item View Item