Penerapan Metode yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Kelurahan Sei Benteng Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi

Artika, Yuli and Anwar, Kasful and Rapiko, Rapiko (2021) Penerapan Metode yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Kelurahan Sei Benteng Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Penerapan Metode yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Kelurahan Sei Benteng Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi)
SKRIPSI YULI ARTIKA watermark.docx - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri Pondok pesantren Salafiyah Syafi’iyah Kelurahan Sei Benteng Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. Adapun untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Yanbu’a di Pondok Pesantre Salafiyah Syafi’iyah, maka peneliti merumuskan masalah utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah 1). Bagaimana penerapan Metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah 2). Apa saja kelebihan dari metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah 3). Apa saja kendala yang dihadapi dalam menerapkan metode Yanbu’a di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, Dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan Pondok pesantren, Ustazah pengajar metode Yanbu’a dan Santriwati. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1). Penerapan metode Yanbu’a di pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah sudah cukup baik dan sesuai dengan tujuan dari Metode Yanbu’a itu sendiri. Dalam penerapannya metode Yanbu’a dilakukan dengan cara klasikal dan sorogan dimana pelaksanaannya dilakukan setiap malam setelah solat magrib. Adapun evaluasi pembelajaran dilakukan setiap hari dan setiap kenaikan jilid 2). Adapun berapa kelebihan dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Yanbu’a di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah yaitu: mempunyai beberapa Jilid, Materi Tambahan berupa hafalan, dilakukan secara berkelompok, mengadakan pelatihan bagi guru pengajar Yanbu’a dan mengadakan wisuda Yanbu’a setiap tahunnya. 3). Adapun faktor penghambat dalam pengimplementasian metode Yanbu’a yaitu kurangnya waktu yang maksimal dan latar belakang santri yang berbeda-beda kemampuan. Berdasarkan data prestasi santri, 14 santri kelas VIII MTs yang mengaji dengan menggunakan metode Yanbu’a ada 10 santri yang sudah mencapai jilid 5, 6, dan 7. Dan 4 santri telah menyelesaikan tahsin atau ujian untuk di wisudakan. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa penerapan Metode Yanbu’a di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah berjalan cukup baik dan dengan adanya Metode Yanbu’a yang diterapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri sesuai tujuan dan target pembelajaran yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Metode Yanbu’a, kemampuan membaca Al-Qur’an
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 10 Jun 2021 16:36
Last Modified: 10 Jun 2021 16:37
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8173

Actions (login required)

View Item View Item