PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH SUNGAI BAHAR

Mulyani, Siti and Usmar, Ali and Bestari, Hendra (2021) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH SUNGAI BAHAR. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH SUNGAI BAHAR)
SITI MULYANI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan alat evaluasi menggunakan aplikasi kahoot pada pembelajaran Matematika kelas X Akutansi SMK Muhammadiyah Sungai Bahar, (2) mengetahui tingkat kepraktisan dan kevalidan alat evaluasi menggunakan aplikasi kahoot pada pembelajaran Matematika kelas X Akutansi di SMK Muhammadiyah Sungai Bahar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model Borg and Gall. Data yang diolah nantinya berbentuk deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada validator materi, validator media, guru pelajaran Matematika kelas X Akutansi, dan peserta didik kelas X Akutansi di SMK Muhammadiyah Sungai Bahar sejumlah 26 peserta didik. Sedangkan data kualitatif didapat dari kritik dan saran yang diberikan oleh validator dan pengguna. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut : (1) pengembangan alat evaluasi melalui delapan tahap, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk akhir, diseminasi dan implementasi. (2) berdasarkan uji kevalidan materi dan media didapatkan hasil tingkat kevalidan dari ahli materi sebesar 81% dengan kategori valid, ahli media 85% dengan kategori sangat valid. Sedangkan tingkat kepraktisan yang didapatkan dari guru pelajaran Matematika kelas X Akutansi yaitu 89% dengan kategori sangat praktis dan angket peserta didik mendapatkan hasil kepraktisan sebesar 72,31% dengan kategori praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pengembangan, Alat Evaluasi, Kahoot
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 07 Jun 2021 03:53
Last Modified: 07 Jun 2021 03:53
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8105

Actions (login required)

View Item View Item