METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MA’HAD AL-MUBARAK AL-ISLAMI LITAHFIZIL QUR’AN AL-KARIM TAHTUL YAMAN KECAMATAN PELAYANGAN KOTA JAMBI

Saputra, Eriman and Anwar, Kasful and Julis, Dailami (2018) METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MA’HAD AL-MUBARAK AL-ISLAMI LITAHFIZIL QUR’AN AL-KARIM TAHTUL YAMAN KECAMATAN PELAYANGAN KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
(TP 140814_ERIMAN SAPUTRA_PAI) - Eriman Alhara.pdf

Download (2MB)

Abstract

Menghafal Al Qur‟an merupakan suatu ibadah yang dimulai sejak masa NabiMuhammad SAW dan berkembang hingga masa sekarang. Proses pelaksanaan menghafal Al Qur‟an yang dilakukan santri di pondok-pondok pesantren terdapat beberapa macam metode menghafal, dari berbagai macam metode dalam menghafal Al Qur‟an, tersebut ternyata dapat mempermudah dan mempercepat bagi santri dalam menghafal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. Adapun objek penelitian ini adalah Metode Menghafal Al Qur‟an Di Ma’had Al-Mubarak Al-Islami Litahfizil Qur’an Al-karim Tahtul Yaman Kecamatan Pelayangan Kota Jambi, sedangkan subjek penelitian disini adalah 5 orang santri dan sebagai informan adalah 2 orang ustadz dibidang tahfizh. Alasan menggunakan metode ini adalah karena ingin menggali, mengamati atau mencari data-data yang lebih akurat terkait dengan metode menghafal Al Qur‟an yang di pakai santri Ma’had Al-Mubarak Al-Islami Litahfizil Qur’an Al-karim Tahtul Yaman Kecamatan Pelayangan Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode-metode apa saja yang dipakai santri Ma’had AlMubarak Al-Islami Litahfizil Qur’an Al-karim Tahtul Yaman Kecamatan Pelayangan Kota Jambi dalam menghafal Al Qur‟an, untuk mendeskripsikan faktor yang menjadi pendukung dan penghambat santri Ma’had Al-Mubarak AlIslami Litahfizil Qur’an Al-karim Tahtul Yaman Kecamatan Pelayangan Kota Jambi dalam proses menghafal Al Qur‟an, untuk mendeskripsikan usaha mengatasi berbagai hambatan dalam menghafal Al Qur‟an. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Metode yang santri gunakan berbagai jenis macamnya antara lain;adalah metode Tahsin (memperindah serta memperbagus bacaan), metode Tahfizh (menghafalkan ayat demi ayat), metode Takrir (mengulang-ulang hafalan). (2) Diantara beberapa faktor pendukung agar santri bisa menghafal adalah dengan cara selalu memberinya semangat dan dorongan kepada santri serta membimbing santri dalam menghafal Al Qur‟an dan juga adanya seorang Asatidz yang lebih pandai, ahli serta berpengalaman dalam menghafal Al Qur‟an. Berbagai faktor yang menjadi hambatan santri dalam menghafal Al Qur‟an adalah kurangnya kesungguhan seperti tidak ada semangat untuk menghafal, kurangnya konsentrasi seperti halnya pada saat santri lainnya menghafal ternyata ada yang sedang berbicara atau ngobrol dengan temannya sehingga santri lainnya jadi terbagi konsentrasinya. (3) Usaha ustadz dalam mengatasi hambatan dalam menghafal Al Qur‟an diantaranya memberikan motivasi, santri diminta mengulang hafalan, memberikan hadiah bagi santri yang lebih awal dalam menghafal, selalu memberikan bimbingan bagi santri yang kurang cepat dalam menghafal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kasful Anwar
Keywords / Katakunci: tahfiz, metode menghafal Al Quran, tahtul yaman
Subjects: 2x0 Islam (Umum)
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 16 May 2019 02:21
Last Modified: 11 Nov 2019 06:10
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item View Item