Analisis Kepuasan Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Syariah Mandiri (Studi Mahasiswa FEBI UIN STS Jambi)

Putri, Meriza and Tarmizi, A and Hafiz, Ahsan Putra (2021) Analisis Kepuasan Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Syariah Mandiri (Studi Mahasiswa FEBI UIN STS Jambi). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Analisis Kepuasan Nasabah Dalam Menanbung Pada Bank Syariah Mandiri (Studi Mahasiswa FEBI UIN STS Jambi))
SKRIPSI MERIZA PUTRII.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Secara umum calon nasabah yang akan menabung tentu memilih bank yang dapat memberikan keuntungan dan kemudahan. Setiap nasabah akan memperhatikan dan mempertimbangkan factor-faktor tertentu untuk memutuskan menabung. Selain itu juga nasabah memperhatikan kualitas pelayanan serta kualitas produk yang ditawarkan sehingga nasabah termotivasi untuk menggunakanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah dalam menabung di Bank Syariah Mandiri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif karena bertujuan untuk mengkonfirmasi data yang didapatkan di lapangan dengan teori yang ada. Sampel diperoleh sebanyak 51 responden nasabah Bank Syariah Mandiri yaitu Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Negeri angkatan 2017 sampai 2020 dengan teknik probability sampling dengan metode random sampling yaitu pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu.Sedangkan untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode, Observasi, dan Kuesioner (Angket).Data diolah menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Dari hasil pengolahan Uji Parsial (t) menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap variabel Kepuasan Nasabah dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Berdasarkan hasil Uji Simultan (f) Kualitas Pelayanan dan Kualitas paroduk bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Nasabah. Sedangkan hasil Nilai Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,962 hal ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah secara simultan memberikan kontribusi atau pengaruh 96,2% dan sisanya sebesar 3,8% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci :Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan , Kepuasan Nasabah
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 04 Jun 2021 03:30
Last Modified: 04 Jun 2021 03:30
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8074

Actions (login required)

View Item View Item