PENGARUH PENERAPAN METODE MAKE A MATCH DALAM HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL IMAN KOTA JAMBI

Adriah, Jailatul and Wahab, Wahab and Yusraini, Yusraini (2021) PENGARUH PENERAPAN METODE MAKE A MATCH DALAM HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL IMAN KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Penerapan Metode Make a Match dalam hasil belajar Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman kota Jambi.)
202172491_تأثير تطبيق طريقة تقديم المبارة على نتائج تعليم اللغة العربية في المدرسة الثانوية نورالإيمان مدينة جامبي.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Metode Make a Match dalam hasil belajar Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman kota Jambi. Adapun tujuannya adalah : a). Untuk mengetahui skor hasil belajar sebelum menggunakan metode Make a Match di MTS Nurul Iman Kota Jambi, b). Untuk mengetahui skor hasil belajar sesudah menggunakan metode Make a Match di MTS Nurul Iman Kota Jambi, c). Untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode Make a Match dalam hasil belajar bahasa arab di MTS Nurul Iman Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain pretest-posttest-only control design. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu : Tes dan Dokumentasi. Metode Analisis Data yang dilakukan dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis dan Effect Size. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VII penerapan Metode Make a Match dalam hasil belajar bahasa arab di MTS Nurul Iman Kota Jambi yang berjumlah 02 siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh :a). skor pretest hasil belajar bahasa arab diikuti oleh 02 siswa, jumlah siswa yang memiliki nilai diatas 02 ada 9 siswa, siswa dibawah 02 ada 29 siswa. Jadi, dapat disimpulkan siswa yang tidak tuntas pada pretest = 40.23 % dan siswa yang tuntas dalam Pretest =50.26 % siswa, Standar Deviasi 23,30. b)skor posttest hasil belajar bahasa arab diikuti 02 siswa. jumlah siswa yang memiliki nilai diatas 02 ada 02 siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa Siswa yang tuntas dalam Post Test adalah = 2221, standar Deviasi 2,6.c) hasil perhitungan diperoleh besarnya effect size perlakuan yang diberikan adalah 17,1. Hasil ini menunjukan bahwa terjadi pengaruh yang Sangat besar dari metode Make a Match) terhadap hasil pembelajaran bahasa arab siswa kelas VII MTs Nurul Iman Kota Jambi. Hasil perhitungan uji “t” dalam hitungan SPSS Versi 21 diperoleh nilai signifikan 0 arah (t-tailed) 2.222 < 2.26. Sehingga terdapat perbedaan skor poin antara hasil Pretest dan Posttest. Berdasarkan nilai deskriptifnya terbukti hasil Postest dengan penggunaan metode Make a Match dalam hasil Pembelajaran Bahasa Arab mendapat skor lebih tinggi. Dengan begitu maka Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: MAKE A MATCH, Hasil belajar
Subjects: 000 Karya Umum
400 Bahasa > 492 Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:55
Last Modified: 02 Jun 2021 02:56
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8024

Actions (login required)

View Item View Item