DAMPAK PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP BUDAYA BACA MASYARAKAT RT 03 KELURAHAN TELANAIPURA KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI

AGUSTO IRIANSYAH, DENDI and Alfian, Alfian and Miliani, Masyrisal (2019) DAMPAK PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP BUDAYA BACA MASYARAKAT RT 03 KELURAHAN TELANAIPURA KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (DAMPAK PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP BUDAYA BACA MASYARAKAT RT 03 KELURAHAN TELANAIPURA KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI)
SKRIPSI DENDI AGUSTO IRIANSYAH.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengungkap dampak penggunaan game online terhadap budaya baca masyarakat RT 03 Kelurahan Telanaipura Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Sebagai tujuan antaranya untuk mengetahui strategi pemberdayaan masyarakat dalam upaya meningkatkan minat baca melalui perpustakaan Rumah Pintar, untuk mengetahui dampak penggunaan game online terhadap budaya baca masyarakat RT 03 Kelurahan Telanaipura Kecamatan Telanaipura Kota Jambi dan untuk mengetahui strategi masyarakat Kota Jambi untuk mengurangi dampak penggunaan game online sehingga berpengaruh terhadap budaya baca masyarakat RT 03 Kelurahan Telanaipura Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: pertama, Dampak penggunaan game online terhadap budaya baca masyarakat RT 03 Kelurahan Telanaipura Kecamatan Telanaipura Kota Jambi, diantaranya dampak positif game online; meningkatkan konsentrasi, menjadikan penghasilan uang, mempererat hubungan dan dampak negatif game online; mengabaikan membaca, perubahan sikap dan perilaku dam bermain game yang tidak tepat pada waktunya; kedua, Strategi solusi dalam mengatasi pengaruh game online agar meningkatkan budaya baca remaja, diantaranya persiapan petugas pelaksanan Lapak Sudut Baca, di mana petugas Lapak Sudut Baca menyiapkan program yang akan diberikan pada anak-anak yang gemar bermain game online tersebut, pelaksanaan program Lapak Sudut Baca, di mana petugas Lapak Sudut Baca memberikan bimbingan belajar dengan cara bermain pada anak-anak, tahapan evaluasi program Lapak Sudut Baca, di mana mengevaluasi kekurangan dan kelebihan dari program permainan itu sendiri. Diharapkan agar program dan kegiatan lapak sudut baca tersebut daoat bermanfaat sebagai solusi dalam mengatasi kegemaran pelajar di usia remaja yang gemar bermain game online di warnet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: dampak penggunaan game online, budaya baca
Subjects: 000 Karya Umum
000 Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Fakultas Adab dan Humaniora Fakultas Adab dan Humaniora
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:18
Last Modified: 02 Jun 2021 03:18
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/8014

Actions (login required)

View Item View Item