PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN PENERAPAN SISTEM E- FILLING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Pada KPP Pratama Kuala Tungkal di Kelurahan Tungkal III Jambi)

Nuriza, Nuriza and Sissah, Sissah and Fielnanda, Refky (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN PENERAPAN SISTEM E- FILLING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Pada KPP Pratama Kuala Tungkal di Kelurahan Tungkal III Jambi). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN PENERAPAN SISTEM E- FILLING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Pada KPP Pratama Kuala Tungkal di Kelurahan Tungkal III Jambi))
503172036 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN PENERAPAN SISTEM E- FILLING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (STUDI PADA KPP PRATAMA KUALA TUNGKAL DI KELURAHAN TUNGKAL III JAMBI).pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Kepatuhan perpajakan adalah suatu keadaan dimana wajib pajak memenuhi semua kewajiban perpajakan dan melaksanakan hak perpajakannya. Isu kepatuhan dan hal-hal yang menyebabkan ketidakpatuhan serta upaya meningkatkan kepatuhan menjadi salah satu agenda penting baik negara maju apalagi di negara-negara berkembang. Kepatuhan perpajakan bukan merupakan tindakan yang mudah untuk direalisasikan oleh setiap wajib pajak. Banyak dari wajib pajak memiliki kecenderungan untuk dapat membebaskan diri dari kewajiban membayar pajak dan dapat melakukan tindakan melawan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, pengetahuan perpajakan, dan penerapan sistem E-Filling terhadap kepatuhan wajib pajak. Variabel independen yang diteliti yaitu kualitas pelayanan (X1), pengetahuan perpajakan(X2), dan penerapan sistem E-Filling(X3) dengan variabel dependen yang digunakan kepatuhan wajib pajak orang pribadi (Y). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden wajib pajak orang pribadi dengan pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Analisis Regresi Linear Berganda. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwahasil uji Regresi Linear Berganda diperoleh persamaan regresi yaitu Y= 26,495 - 0,320X1 + 0,514X2 + 0,245X3 + e. Hasil uji-F menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, pengetahuan perpajakan dan penerapan sistem E-Filingberpengaruh bersama-samaterhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Dari hasil uji-t variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. pengetahuan perpajakanberpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap kepatuhan wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. dan penerapan sistem E-Filing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Nilai Adjusted R Square koefisien determinasi (R2) sebesar 0,164 atau 16,4% dari kepatuhan wajib pajak dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, pengetahuan perpajakan, dan penerapan sistem E-Filling. Sisanya sebesar 83,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain selain dari variabel kualitas pelayanan, pengetahuan perpajakan, dan penerapan sistem E-Filling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Perpajakan, Penerapan Sistem E-Filling dan Kepatuhan Wajib Pajak
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:42
Last Modified: 02 Jun 2021 02:43
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/7995

Actions (login required)

View Item View Item