PELAKSANAAN ZAKAT PERNIAGAAN BATU BATA MENURUT HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI DESA KEBON IX KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI)

Kurniati, SHE141582 and Ma'ani, Bahrul and Muhammad, Fauzi (2018) PELAKSANAAN ZAKAT PERNIAGAAN BATU BATA MENURUT HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI DESA KEBON IX KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI). Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
Kurniati SHE141582 Hukum Ekonomi Syariah - kurnia nia.pdf

Download (888kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pemahaman hukum islam terhadap pelaksanaan zakat perniagaan batu bata menurut hukum islam (studi kasus di Desa Kebon IX Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro jambi), untuk mengetahui hukum pelaksanaan zakat yang dilakukan warga setempat yang sudah menjadi adat atau kebiasaan Desa tersebut apakah sudah sesuai dengan ajaran Syari’at Islam atau menyimpang dari Syari’at Islam itu sendiri. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: pertama, perintah berzakat merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim, dan hal ini pun telah dijelaskan dalam Al-Qur’an. Namun pelaksanaan zakat yang dilakukan di Desa Kebon IX masih belum banyak yang melaksanakannya. Kedua, melalui wawancara yang dilakukan penulis, terdapat perbedaan persepsi masyarakat terhadap zakat yang dilakukan di Desa Kebon IX tersebut yang mana beberapa dari masyarakat tersebut berargumentasi bahwa tidak ada zakat atas usaha yang mereka lakukan. Namun ada juga masyarakat yang telah mengetahui bahwa pelaksanaan zakat perniagaan itu ada. Dari wawancara yang telah penulis lakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa masih banyak masyarakat di Desa Kebon IX yang tidak mengetahui adanya pelaksana zakat perniagaan batu bata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: zakat, batu bara
Subjects: 2x4 Fiqih > 2x4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 21 Jan 2020 05:58
Last Modified: 21 Jan 2020 05:58
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/799

Actions (login required)

View Item View Item