Pengaruh Budaya Akademik, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Pengembangan Karir Dosen PTKIS Provinsi Jambi

Abidin, Zaenal (2023) Pengaruh Budaya Akademik, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Pengembangan Karir Dosen PTKIS Provinsi Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji 4 (empat) variabel dengan menggunakan
analisis jalur. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengungkap pengaruh budaya
akademik, kepemimpinan terhadap pengembangan karir yang dimediasi oleh
motivasi kerja. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian
kuantitatif dengan jumlah sampel sebesar 77 responden yang berasal dari
Sekolah Tinggi Agama Islam Mambaul Ulum Jambi, Sekolah Tinggi Agama Islam
Syekh Maulana Qori Bangko dan Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nadwah
Tanjung Jabung Barat. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa
angket dan dokumentasi yang selanjutnya di olah dengan analisis statistik.
Adapun hasilnya yaitu meliputi; 1). Budaya akademik berpengaruh
signifikan dan positif terhadap pengembangan karir sebesar 7,5% . 2).
Kepemimpinan berpengaruh signifikan dan positif terhadap pengembangan karir
sebesar 17,8%. 3). Budaya akademik dan kepemimpinan secara simultan
berpengaruh signifikan dan positif terhadap pengembangan karir sebesar 22,4%.
4). Budaya akademik berpengaruh signifikan dan positif terhadap motivasi kerja
sebesar 5,1% . 5). Kepemimpinan berpengaruh signifikan dan positif terhadap
motivasi kerja sebesar 13,6%. 6). Budaya akademik dan kepemimpinan secara
simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap motivasi kerja sebesar
8,1%. 7). Motivasi kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap
pengembangan karir sebesar 35,5% . 8). Budaya akademik, kepemimpinan dan
motivasi kerja secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan dan
positif terhadap pengembangan karir sebesar 25,5%. 9). Secara tidak langsung
budaya akademik berpengaruh signifikan dan positif terhadap pengembangan
karir melalui motivasi kerja sebesar 17,9% . 10). Secara tidak langsung
kepemimpinan berpengaruh signifikan dan positif terhadap pengembangan karir
melalui motivasi kerja sebesar 56,7%.
Kesimpulanya ialah budaya akademik, kepemimpinan dan motivasi kerja
dapat mempengaruhi pengembangan karir. Dan dapat dijelaskan bahwa motivasi
kerja selain sebagai variabel eksogen, ia juga mampu menjalankan peranya
sebagai variabel intervening. Artinya bahwa baik secara langsung maupun tidak
langsung, apabila kesempatan untuk berinovasi, tanggap akan perubahan dan
pembaharuan, dan kondusifnya sarana prasarana dalam menciptakan budaya
akademik serta fokus pada tujuan dari PTKIS serta didukung semakin efektifnya
kepemimpinan yang di miliki oleh pimpinan PTKIS yang meliputi komunikatif,
berkepribadian baik, amanah dan mampu memotivasi dosenya, maka akan
terpenuhinya kebutuhan dosen dalam melaksanakan tugas menjadi semakin
baik, dan akan berdampak pada semakin meningkatnya motivasi kerja dosen.
Sehingga secara langsung maupun tidak langsung akan menciptakan peluang/
kesempatan besar untuk pengembangan karir dosen.
Kata kunci; Budaya akademik, Kepemimpinan, Motivasi kerja, dan
Pengembangan karir

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: editor
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:19
Last Modified: 16 Oct 2024 07:49
URI: https://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/799

Actions (login required)

View Item
View Item