PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI DI PASAR TRADISIONAL DAN MODERN DI BAYUNG LENCIR

Kurniawan, Fani and Nengsih, Titin Agustin and Prasaja, Ahmad Syukron (2021) PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI DI PASAR TRADISIONAL DAN MODERN DI BAYUNG LENCIR. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Harga dan Pelayanan Terhadap Keputusan Membeli di Pasar Tradisional dan Modern di Bayung Lencir)
501171572 Analisis Pengaruh Harga Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Membeli di Pasar Tradisional dan Modern di Bayung Lincir Lampiran Fulltexttt.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Fenomena yang ini terjadi di Pasar Baru Bayung Lencir ialah pada umumnya sebagian besar masyarakat lebih memilih berbelanja di pasar modern di bandingkan pasar tradisional, padahal jika dibandingkan dengan nilai harga di pasar tradisional lebih terjangkau di bandingkan di pasar modern. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui ada pengaruh harga dan pelayanan terhadap keputusan membeli di pasar tradisional Baru dan pasar modern di Bayung Lencir Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis Regresi Linier Berganda sebagai alat analisisnya, dengan pengujian hipotesis yaitu uji-F dan Uji-t. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlah respondennya, maka penentuan sampel menggunakan Rumus Lameshow dengan error 10%. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dari Pasar Tradisional dan 100 responden dari Pasar Modern. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian di Pasar Tradisional. Namun harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli di Pasar Modern. Pada pasar Modern pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli di pasar Tradisional Bayung Lencir. Hasil Uji-F menyatakan bahwa keputusan pembelian masyarakat dipengaruhi bersama-sama oleh harga dan pelayanan baik di Pasar Tradisional ataupun di Pasar Modern Bayung Lencir. Besarnya koefisien pasar tradisional adalah 52,1% yang menunjukkan nilai keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh harga (X1) dan pelayanan (X2). Adapun besarnya adapun pasar modern adalah 59,2% yang menunjukkan nilai keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh harga (X1) dan pelayanan (X2).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Harga, Pelayanan dan Keputusan pembelian
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 31 May 2021 10:17
Last Modified: 31 May 2021 10:17
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/7987

Actions (login required)

View Item View Item