EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENDIDIKAN TERHADAP KOMUNITAS ADAT TERPENCIL STUDI KASUS SUKU ANAK DALAM KECAMATAN LIMUN KABUPATEN SAROLANGUN PROVINSI JAMBI

IRMAWATI, IRMAWATI and Salim, Agus and Rahman Fitra, Tasnim (2021) EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENDIDIKAN TERHADAP KOMUNITAS ADAT TERPENCIL STUDI KASUS SUKU ANAK DALAM KECAMATAN LIMUN KABUPATEN SAROLANGUN PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENDIDIKAN TERHADAP KOMUNITAS ADAT TERPENCIL STUDI KASUS SUKU ANAK DALAM KECAMATAN LIMUN KABUPATEN SAROLANGUN PROVINSI JAMBI)
IRMAWATI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi bertujuan untuk mengetahui seberapa efektivitas Peraturan Presiden Nomor 186 Tahun 2014 Tentang Pemberdayaan Sosial Terhadap Komunitas Adat Terpencil (KAT) dalam bidang pendidikan. Sebagaimana kita ketshui bahwa pendidikan merupakan faktor terpenting untuk membangun Sumber Daya Manusia yang baik. Berdasarkan Pasal 53 ayat 1 tersebut warga Negara Indonesia berhak untuk mendapatkan pendidikan dasar termasuk kedalamnya yaitu bagi Komunitas Adat Terpencil (KAT) khususnya Suku Anak Dalam (SAD), sebagai mana warga Negara Indonesia pada umumnya, Pendidikan yang formal dan pendidikan yang layak. Terhadap KAT, terdapat suatu aturan yang mewadahi untuk pemberdayaan KAT Tersebut yaitu Peraturan Presiden Nomor 186 Tahun 2014 Tentang Pemberdayaan Sosial Terhadap Komunitas Adat Terpencil (KAT). Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana efektivitas penerapan Peraturan Presiden RI No 186 tahun 2014 tentang pemberdayaan sosial terhadap komunitas adat terpencil. Metode Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan yuridis. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini merupakan hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Program pemberdayaan sosial Suku Anak Dalam (SAD) di bidang pendidikan di kecamatan limun yaitu: Pembangunan Sarana dan prasarana untuk Suku Anak Dalam (SAD), Mempasilitasi Tenaga Pengajar, Memberikan Insentif Honor Kepada Tenaga Pengajar, Memberdayakan Masyarakat Suku Anak Dalam (SAD) yang belum diberdayakan; (2) Dari empat program yang telah direalisasikan oleh Pemerintah daerah ataupun Pemerintah desa untuk meningkatkan pendidikan bagi Suku Anak Dalam (SAD) maka program ini sudah dapat dikatakan efektif, karena rencana pembuatan program tersebut telah dilaksanakan dan sudah dicapai dengan hasil yang begitu memuaskan baik pemeritah maupun masyarakat Suku Anak Dalam (SAD) tersebut; dan (3) Faktor Penghambat Dalam Pencapaian Efektivitas Program Pemberdayaan Suku Anak Dalam (SAD) ialah Kurangya kepedulian orangtua terhadap pendidikan anak, kurangnya tenaga pengajar, dan kurangya keinginan dari anak-anak SAD dalam menuntut ilmu dan faktor pendukung yakni adanya dukungan dana dari Pemerintah Daerah, dukungan dari masyrakat dan perekonomian yang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Efektivitas, Pemberdayaan, Suku Anak Dalam
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 320 Ilmu Pemerintahan; Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 31 May 2021 09:49
Last Modified: 31 May 2021 09:50
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/7965

Actions (login required)

View Item View Item