Pengaruh model pembelajaran generatif berbantuan adobe flash Professional CS6 terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam terpadu siswa madrasah tsanawiyah negeri 3 muaro jambi

Andriani, Nova and Syefrinando, Boby and Wirman, Rahmi Putri (2021) Pengaruh model pembelajaran generatif berbantuan adobe flash Professional CS6 terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam terpadu siswa madrasah tsanawiyah negeri 3 muaro jambi. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh model pembelajaran generatif berbantuan adobe flash professional CS6 terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam terpadu siswa madrasah tsanawiyah negeri 3 muaro jambi)
Skripsi Fix (Nova) NEW(1).pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Muaro Jambi masih rendah khususnya pada mata pelajaran fisika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran generatif berbantuan Adobe Flash Professional CS6 pada konsep kalor dan perpindahan kalor. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-randomized pretestposttest control group design, dengan 37 orang siswa sebagai sampel yang terbagi menjadi dua kelas. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran generatif berbantuan Adobe Flash Professional CS6 dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan metode ceramah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe pilihan ganda dengan empat pilihan yang digunakan. Media pembelajaran yang dipakai adalah Adobe Flash Professional CS6. Hasil analisis data diperoleh skor rata-rata pretest untuk kelas eksperimen adalah 47,5 dan skor rata-rata pretest kelas kontrol adalah 40. Sedangkan skor rata-rata posttest untuk kelas eksperimen adalah 77,3 sedangkan skor rata-rata posttest kelas kontrol adalah 70,3. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung = 2,74 yang lebih besar dari ttabel (baik pada taraf signifikansi 5% = 2,03 maupun pada taraf signifikansi 1% = 2,72) yaitu dengan demikian berarti H0 ditolak, dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikansi dari model pembelajaran generatif berbantuan Adobe Flash Professional CS6 terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menyarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran generatif berbantuan Adobe FlashProfessional CS6 dalam kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran Generatif, Adobe Flash Professional CS6, Hasil Belajar
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 31 May 2021 09:40
Last Modified: 31 May 2021 09:40
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/7945

Actions (login required)

View Item View Item