Kebijakan kepemimpinan kyai dalam pengembangan pendidikan formal studi kasus sekolah menengah pertama Islam terpadu pondok pesantren Tarbiyatul ummah Muaro Jambi

Yulianti, Ayu and Khalik, A. and Bawaihi, Bawaihi (2021) Kebijakan kepemimpinan kyai dalam pengembangan pendidikan formal studi kasus sekolah menengah pertama Islam terpadu pondok pesantren Tarbiyatul ummah Muaro Jambi. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
Skripsi Ayu Yulianti MPI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan yang kuat di pesantren untuk melakukan konsolidasi organisasi kelembagaan, khususnya pada aspek kepemimpinan dan manajemen. Perkembangan kelembagaan pesantren ini, terutama disebabkan adanya diversifikasi pendidikan yang diselenggarakannya, yang juga mencakup sekolah umum menganut sistem yang lebih rasional, demokratis dan terbuka. Pembagian wewenang dalam tata laksana kepengurusan diatur secara fungsional, sehingga akhirnya semua harus diwadahi dan digerakkan menurut tata aturan manajemen modern. Setiap unit kegiatan ditangani oleh penanggung jawab masing-masing, dimana setiap penanggung jawab tersebut secara hirarkis bertanggung jawab kepada unit yang lebih tinggi. Setiap unit diberi semacam otonomi untuk menyelenggarakan rumah tangga sendiri. Kepemimpinan yayasan dengan struktur organisasinya merupakan kepemimpinan kolektif dengan tugas dan wewenang masing-masing badan dalam struktur yayasan. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) kebijakan Kyai dalam pengembangan pendidikan formal dimulai dengan pengamatan lingkungan, masukan dari pimpinan lembaga serta inisiatif Kyai sendiri. Pokok permasalahan akan terlebih dahulu di musyawarohkan dalam lingkup lembaga, selanjutnya diteruskan dalam rapat besar atau bisa langsung pada ketua yayasan dan pengasuh. Sedangkan perumusan masalah kebijakan Kyai di SMP IT Pondok Pesantren Tarbiyatul Ummah Muaro Jambi diperoleh melalui banyak sumber diantaranya masukan pengurus lembaga pendidikan formal, pengurus komite, pengurus yayasan serta dewan Pembina pondok pesantren Tarbiyatul Ummah MuAro Jambi (DP3TUMJ). (2) implementasi kebijakan Kyai antara lain; Kyai memberi wewenang kepada lembaga untuk melaksanakan kebijakan Kyai yang telah diputuskan, pelaksanaan kebijakan tersebut disosialisasikan melalui rapat dengan lembaga guna memantapkan alur informasi atas kebijakan yang yang akan dilaksanakan.(3) evaluasi kebijakan Kyai dalam pengembangan pendidikan formal di SMP IT melalui rapat bersama pengurus yayasan, laporan kerja dan melalui observasi. Selain itu bisa juga diukur dari semakin banyaknya masyarakat yang mempercayakan putra putrinya untuk belajar di SMP IT Pondok Pesantren serta melakukan evaluasi terhadap kebijakan, sudah tepatkah pelaksana dari kebijakan tersebut dan konskuensinya adalah jika kebijakan efektif mengatasi permasalahan dan dianggap baik maka dipertahankan sedangkan jika dianggap tidak efektif dilakukan perumusan kebijakan baru yang lebih baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 31 May 2021 05:06
Last Modified: 31 May 2021 05:06
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/7916

Actions (login required)

View Item View Item