PENERAPAN SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS SLIMS(SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM) 7 CENDANA DALAM MENUNJANG KEGIATAN DI PERPUSTAKAAN PENGADILAN TINGGI AGAMA JAMBI

Shiddiqy, M. Hasbi Ash and Rum, Muhammad and Noorseptiyanti, Farida (2018) PENERAPAN SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS SLIMS(SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM) 7 CENDANA DALAM MENUNJANG KEGIATAN DI PERPUSTAKAAN PENGADILAN TINGGI AGAMA JAMBI. Skripsi thesis, Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
M HASBI ASH SHIDDIQY - IPT140340 - iFelse YT.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengungkap evaluasi penerapan sistem otomasi perpustakaan berbasis SLiMS 7 Cendana di Perpustakaan Pengadilan Tinggi Agama Jambi. Sebagai tujuan untuk mengetahui penerapan sistem otomasi, mengetahui kendala yang dialami oleh petugas perpustakaan dalam penerapan SLiMS 7 dan mengetahui evaluasi penerapan sistem otomasi perpustakaan berbasis SLiMS 7 di Perpustakaan Pengadilan Tinggi Agama Jambi. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: pertama, penerapan sistem otomasi perpustakaan yang ada di Perpustakaan Pengadilan Tinggi Agama Jambi menerapkan sistem otomasi SLiMS 7 yang berfungsi untuk menghubungkan sebuah dokumen ke dokumen lainnya sehingga dokumen yang satu dapat memuat atau membuka dokumen yang kedua, seperti halnya link pada saat kita mengakses internet. Dalam penerapan ini mencakup 4 bagian yaitu penerapan sistem otomasi pengadaan, pengolahan, penelusuran dan sirkulasi, kedua, kendala yang dialami oleh petugas perpustakaan dalam penerapan SLiMS 7 di Perpustakaan Pengadilan Tinggi Agama Jambi, dinataranya Pandangan Yang Keliru Tentang Otomasi Perpustakaan, di mana kekhawatiran pustakawan dengan adanya sistem otomasi menyebabkan tidak adanya pekerjaan buat mereka, Kurangnya staf yang terlatih dalam bidang teknologi perpustakaan, di mana SDM yang terbatas menjadikan kurang efektifnya penggunaan sistem otomasi dan Kurangnya Dukungan dari Pimpinan, di mana dalam pengadaan sarana dan prasarana perpustakaan kurang diperhatikan oleh pimpinan, ketiga, evaluasi penerapan sistem otomasi perpustakaan berbasis SLiMS 7 di Perpustakaan Pengadilan Tinggi Agama Jambi, diantaranya; Mengadakan Pelatihan, di mana pelatihan yang mendatangkan pembicara yang berpengalaman agar pengetahuan SDM yang ada semakin membaik dan Pengadaan Sarana dan Prasarana, di mana pengadaan sarana dan prasaeana sistem otomasi yang dilakukan dengan melihat kebutuhan yang paling mendesak terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Sistem Otomasi, SLiMS 7 Cendana, Perpustakaan
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
000 Karya Umum > 005 Program Komputer, Program-program, Data
000 Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:45
Last Modified: 21 Jan 2020 04:46
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item View Item