Pengaruh Faktor Pribadi, Psikologis, Sosial dan Budaya terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah

Handayani, Sri and Dja'far, Halimah and Habibah, G.W.I Awal (2021) Pengaruh Faktor Pribadi, Psikologis, Sosial dan Budaya terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH FAKTOR PRIBADI, PSIKOLOGIS, SOSIAL, DAN BUDAYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH)
EES160628 JUDUL - LAMPIRAN FULL TEXT.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman bagi konsumen segmen wanita, kosmetik adalah salah satu kebutuhan yang tidak dapat di hindari, pada kondisi pasar seperti sekarang ini. Oleh sebab itu perusahaan harus memperhatikan perilaku konsumen apa saja yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor pribadi, psikologis, sosial, dan budaya terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 73 responden menggunakan metode Sampling accidental dimana pengambilan berdasarkan kebetulan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadapa variabel dependen. Teknik pengumpulan data dilapangan dengan menggunakan kuesioner online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial terlihat tidak semua variabel berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah, yaitu variabel faktor pribadiberpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, faktor sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan faktor budayatidak berpengaruh signifkan terhadap keputusan pembelian. Dari uji F secara simulthan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil uji Sumbangan Efektif di dapatkan hasil variabel yang paling dominan mempengaruhi adalah variabel faktor sosial yang mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 67,2668%. Dan terakhir hasil dari koefisien determinasi menunjukkan bahwa faktor pribadi, psikologis, sosial dan budaya dapat menjelaskan keputusan pembelian sebesar 68,8% dan sisanya sebesar 31,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Faktor Pribadi, Psikologis, Sosial, Budaya dan Keputusan Pembelian
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 31 May 2021 10:04
Last Modified: 31 May 2021 10:05
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/7903

Actions (login required)

View Item View Item