PERAN BKKBN MUARO JAMBI DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA BERKUALITAS BERDASARKAN UU NOMOR 52 TAHUN 2009 TENTANG PERKEMBANGAN KEPENDUDUKAN DAN PEMBANGUNAN KELUARGA

Rahman, Agustia and Neldi, Asri and Fuhaidah, Ulya (2018) PERAN BKKBN MUARO JAMBI DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA BERKUALITAS BERDASARKAN UU NOMOR 52 TAHUN 2009 TENTANG PERKEMBANGAN KEPENDUDUKAN DAN PEMBANGUNAN KELUARGA. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
(SPI152193_Agustia Rahman_Hukum Tata Negara) - win aramico.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan membahas tentang peran BKKBN Muaro Jambi dalam mewujudkan keluarga berkualitas berdasarkan UU Nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga serta faktor pendukung dan penghambat BKKBN dalam mewujudkan keluarga berkualitas di Muaro Jambi Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitia ke lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dengan pihak terkait judul serta dokumentasi. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil dan kesimpulan Peran yang dilakukan oleh Badan Kependudukan Daerah Muaro Jambi dalam mewujudkan keluarga berkualitas adalah Sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya BKKN atau Badan Keluarga Berencana Daerah dengan peranan strategis dalam Mewujudkan Keluarga Berkualitas. Peranan tersebut di wujudkan melalui program-program KB dan Kesehatan Reproduksi. Faktor pendukung yaitu makin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan pelayanan Keluarga Berencana, Adanya kebijakan otonomi daerah (desentralisasi) yang diterapkan sehingga semakin leluasa untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat sebagai wujud dari partisipasi publik, Adanya dukungan dari lembaga lain dalam peningkatan kapasitas kelembagaan manajemen maupun program. Faktor penghambat yaitu Sumber Daya Manusia yang belum memadai. Solusi yang ditawarkan adalah program-program KB dan Kesehatan Reproduksi kedepan hal yang harus di lakukan lebih lagi baik dalam hal meningkatkan tata kelola pemerintahan dan partisipasi yang berorientasi pada pelayanan publik, selain itu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan sarana prasarana merupakan jalan penting demi perbaikan kedepan strategi yang di buat harus sesuai dengan kenyataan lapangan dengan analisis yang tepat. Pemerintah diharapkan untuk meningkatkan peranan nya agar lebih baik serta masyarakat harus lebih peduli dan ikut berpartisipasi dalam program-program yang di buat oleh pemerintah demi terciptanya keluarga berkualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Asri Neldi
Keywords / Katakunci: Keluarga Berkualitas
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 14 May 2019 07:50
Last Modified: 01 Apr 2020 08:17
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/79

Actions (login required)

View Item View Item