PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) TERPADU SISWA DI SEKOLAH MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI JAMBI LUAR KOTA

Audina, Mela and Yamin, Martinis and Wirman, Rahmi Putri (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) TERPADU SISWA DI SEKOLAH MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI JAMBI LUAR KOTA. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MELA AUDINA TB120759 - Mella Audina.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar ilmu pengetahuan alam terpadu Siswa di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri Jambi Luar Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi-experimental yaitu posttest only control group design, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik test. Peneliti menemukan bahwa kelas eksperimen (IXA) lebih baik dari pada kelas kontrol (IXB). Kelas eksperimen yang menerapkan Strategi Pembelajaran Kontekstual memperoleh nilai tertinggi 90, nilai terendah 60, dan rata-ratanya 76.97, sedangkan kelas kontrol yang tanpa menerapkan strategi pembelajaran Kontekstual yaitu dengan menerapkan strategi konvensional (metode ceramah) memperoleh nilai tertinggi 78, nilai terendah 55, dan rata-ratanya 66.5, dan terbukti bahwa nilai hasil belajar dengan penerapan strategi pembelajaran Kontekstual lebih tinggi nilainya dari nilai hasil belajar tanpa menerapkan strategi pembelajaran Kontekstual. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan uji t peneliti menemukan bahwa dengan df = 31, melalui proses interpolasi diperoleh pada taraf signifikan 5% dan pada taraf signifikansi 1% . Ternyata . Hal ini menunjukkan bahwa diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran Kontekstual terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam terpadu siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jambi Luar Kota. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan strategi pembelajaran Kontekstual dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi Pembelajaran Kontekstual, Ilmu Pengetahuan Alam, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:13
Last Modified: 20 Jan 2020 02:13
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/780

Actions (login required)

View Item View Item