PENGARUH MARKETING MIX DAN KEMAMPUAN FINANSIAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DI SAHAM SYARIAH (PADA BEI JAMBI)

Daud, Daud and Mukhtar, Mukhtar and Mubyarto, Novi (2018) PENGARUH MARKETING MIX DAN KEMAMPUAN FINANSIAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DI SAHAM SYARIAH (PADA BEI JAMBI). Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MLK152325 DAUD EKONOMI ISLAM PASCASARJANA - Daud Vanjava - No ris.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuandalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh Marketing Mix yang terdiri dari produk, lokasi . promosi, harga dan Kemampuan Finansial Nasabah terhadap keputusan Investasi di Saham Syariah baik secara parsial maupun simultan. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada investor syariah yang dijadikan responden dalam penelitian ini di Bursa Efek Indonesia perwakilan Jambi. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden investor syariah Bursa Efek Indonesia perwakilan Jambi dengan tehnik probability sampling, data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 17. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Analisis ini meliputi uji realibilitas, uji validitas, uji regresi linier sederhana dan berganda, pengujian hipotesis melalui uji T-test , uji F-test, serta koefisien determinasi (R2) dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji Normalitas Data, Multikolinearitas dan Heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, variabel Marketing Mix berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi investor disaham syariah,hal ini didasarkan hasil uji t (parsial), variable marketing mix memiliki nilai beta sebesar0,381atau 38,1% dan memiliki signifikansi sebesar 0,000 < 0,1, sehingga variable marketing mix memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan investasi investor disaham syariah.Kedua, variabel kemampuan finansial investor tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan investasidi saham syariah. Jika dilihat berdasarkan tabel coefficient, kemampuan financial memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,39> 0,1 dan t hitung sebesar4.500< t tabel sebesar 4,610.Jika t hitung< t tabel maka Ho diterima Ha belum cukup bukti untuk diterima. Ketiga, Variabel Marketing Mix dan Kemampuan Finansial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan Investasi saham Syariah dengan nilaiuji F sebesar 7,833, sedangkan F tabel sebesar 1,248. Dengan demikian F hitung 7,833 > F tabel 1,248, dan signifikansi 0,000 < 0,1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa factor pemasaran dan kemampuan financial adalah faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh investor dalam memilih dan memutuskan investasi di saham syariah.Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa keputusan pembelian dapat dilakukan apabila praduk, tempat, harga dan promosi yang dimiliki mudah terjangkau atau berlokasi strategis.Tempat yang mudah dijangkau dengan sarana memberikan kemudahan pembeli untuk menjangkau tempat tersebut.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Keputusan Investasi, Saham Syariah, Marketing Mix, Kemampuan Finansial.
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Ekonomi Syariah > Konsentrasi Perbankan dan Lembaga Keuangan Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:00
Last Modified: 20 Jan 2020 02:33
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/774

Actions (login required)

View Item View Item