KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIDAYAH SUNGAI GUNTUNG INDRAGIRI HILIR RIAU

Misbah, Misbah and Malik, Abdul and Widdah, Minna El (2018) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIDAYAH SUNGAI GUNTUNG INDRAGIRI HILIR RIAU. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MMM.1622638 MISBAH BOOKMARK - mustafa.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang “Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Guru Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hidayah Sungai Guntung Indragiri Hilir Riau” Yang meliputi, Pertama, bagaimana Kepemimpinan Kepala Mdarasah Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hidayah Sungai guntung, Kedua, bagaimana Faktor pendukung dan penghambatnya. Dan ketiga upaya apa yang dilakukan kepala sekolah dalam Meningkatkan Mutu Guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif dengan mengunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi dan melakukan konsultasi ke pembimbing. Hasil penelitian ini mengungkapkan, 1) kepemimpinan kepala madrasah didasari pada gaya kepemimpinan yang demokrasi partisipatif,2) Faktor pendukunganya adalah adanya Komitmen kepemimpinan yang kuat dari kepala madarasah,serta keterampilan dalam menyusun perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan pengawasan. Dan kemampuan dalam membangun jaringan. Sedangkan Faktor penghambatnya adalah keterbatasan anggaran yang hanya bersumber dari dana yayasan, bantuan komite madrasah, dan anggaran BOS. Kemudian fasilitas sarana prasarana yang masih terbatas serta akses madrasah yang jauh dari kecamatan apalagi kabupaten. 3) Upaya yang dilakukan kepala madrasah adalah memberi dorongan, motivasi, pembinaan, pelatihan, supervisi dan penghargaan kepada guru-guru yang berprestasi dengan cara bekerja sama dengan pengawas dalam melaksanakan kegiatan pelatihan di madrasah.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Mutu Guru
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 17 Jan 2020 03:57
Last Modified: 20 Jan 2020 02:34
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item View Item