PERAN KOMITE DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN PARTNERSHIP PENDUKUNG DI MADRASAH ALIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH SUNGAI GUNTUNG KECAMATAN KATEMAN INHIL RIAU

Kamariah, Syarifah and Hilmi, Hilmi and Jamaluddin, Jamaluddin (2018) PERAN KOMITE DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN PARTNERSHIP PENDUKUNG DI MADRASAH ALIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH SUNGAI GUNTUNG KECAMATAN KATEMAN INHIL RIAU. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MMP 1622652 SYARIFAH KAMARIAH MPI - Indra Bangsawan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang “Peran Komite Dalam Meningkatkan Hubungan Partnership Pendukung Di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Sungai Guntung Kecamatan Kateman Inhil Riau” yang meliputi pelaksanaan peran komite sekolah, upaya dalam meningkatkan hubungan partnership pendukung, serta apa saja faktor pendukung danpenghambatnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriftip dengan mengunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi dan melakukan konsultasi ke pembimbing. Adapun hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa, 1)Peran komite sekolah dilakukan dengan cara ikutserta dalam penyusunan rencana kerja program sekolah melalui pertimbangan, dukungan, control dan mediator. 2)Upaya yang dilakukan adalah dengan mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap pendidikan yang bermutu dengan cara kerjasama antara, sekolah, masyarakat dan pemerintah melalui kegiatan kerjasama/forum yang dibuat oleh sekolah.3)Faktor pendukung;Pertama,adanya keseriusan, dan komitmen yang tinggi dari komite sekolah. Kedua, terjalinnya komunikasi dan koordinasi yang baik.Ketiga, kepala sekolah yang pro-aktif dan saling keterbukaan. Adapun faktor penghambat-nya adalah, karena kesibukkan komite dan jadwal/waktu yang terbatas,ditambah rendahnya kesadaran orangtua dan masyarakat mengenai pentingnya keterlibatandalam pendidikan.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Peran Komite, Hubungan Patnership
Subjects: 300 Ilmu Sosial
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 17 Jan 2020 03:10
Last Modified: 20 Jan 2020 02:40
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item View Item