MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM PENGADAAN SARANA PRASARANA DI MADRASAH ALIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH SUNGAI GUNTUNG KECAMATAN KATEMAN KABUPATEN INDRA GIRI HILIR PROVINSI RIAU

Rohana, Rohana and Risnita, Risnita and Latief, Suryawahyuni (2018) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM PENGADAAN SARANA PRASARANA DI MADRASAH ALIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH SUNGAI GUNTUNG KECAMATAN KATEMAN KABUPATEN INDRA GIRI HILIR PROVINSI RIAU. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MMP. 1622643 ROHANA MPI - Indra Bangsawan.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Sungai Guntung. Terbentuknya Manajemen Kepala Madrasah dalam pengadaan sarana dan prasarana akan mencapai proses pembelajaran yang maksimal. Dalam penelitian ini membahas tentang seorang kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi manajemennya itu mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengawasan serta mengevaluasi pengadaan sarana dan prasarana pendidikan yang baik agar dalam lembaga pendidikan tersebut bisa mencapai proses pembelajaran yang lebih efektif dan efesien. Kepala sekolah harus mampu membimbing, membina para guru besertastaf agar bisa bekerja dengan baik, agar mampu meningkatkan kemampuan yang dimilikinya untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan kepala madrasah dalam pengadaan sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Sungai Guntung, Untuk mengetahui pengorganisasian kepala madrasah dalampengadaansaranadanprasarana di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Sungai Guntung, Untukmengetahuipengawasanpengadaansaranadanprasana di Madrasah AliyahTarbiyahIslamiyah Sungai Guntung, Untuk mengetahu dan penilaian dan evaluasi kepala madrasah dalam pengadaan sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Sungai Guntung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang berlokasi di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Sungai Guntung. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data meliputi Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi, dan konsultasi pembimbing. Hasil penelitian ini adalah: Kepala sekolah sudah melaksanakan fungsi-fungsi manajemen dalam pengadaan sarana dan prasarana pendidikan. Faktor penghambatnya adalah kurangnya ketersediaan dana dalam hal pengadaan sarana dan prasarana yang ada di MATI Sungai Guntung Kecamatan Kateman Kabupaten IndraGiri Hilir Propinsi Riau.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Manajemen Kepala Madrasah, Pengadaan Sarana dan Prasarana
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 17 Jan 2020 03:00
Last Modified: 20 Jan 2020 02:42
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/764

Actions (login required)

View Item View Item