MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS DI SMP SATU ATAP KECAMATAN PELANGIRAN INDRAGIRI HILIR RIAU

Sa'aludin, Sa'aludin and Syukri, Ahmad and Hidayat, Hidayat (2018) MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS DI SMP SATU ATAP KECAMATAN PELANGIRAN INDRAGIRI HILIR RIAU. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MMP. 1622645_SA_ALUDIN_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM_ - mts baiturrahman.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang model kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya religius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) model kepemimpinan kepala sekolah terkait visi misi sekolah dalam mengembangkan budaya religius di SMP Satu Atap Kecamatan Pelangiran, (2) budaya religius di SMP Satu Atap Kecamatan Pelangiran, (3) upaya kepala sekolah dalam Mengembangkan Budaya religius di SMP Satu Atap Kecamatan Pelangiran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan data yang terdiri atas tahapan memilah data pokok, penyajian data dan penarikan kesimpulan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Model kepemimpinan kepala sekolah di SMP Satu Atap Kecamatan Pelangiran yang diterapkan kepala sekolah adalah dengan menggabungkan semua model di dalam aktivitas sehari-hari di sekolah. Kepala sekolah menerapkan semua model yakni visioner, transformasional, dan kurikulum. (2) Budaya religius di SMP Satu Atap Kecamatan Pelangiran yang dikembangkan berupa kebiasaan menggunakan memakai busana muslim dan muslimah ke sekolah, memperingati hari-hari besar islam, membiasakan mengucap salam, membiasakan berdo‟a sebelum dan sesudah belajar, hal tersebut sangat baik untuk dilakukan didalam lembaga pendidikan dan untuk membiasakan peserta didik agar belajar menghayati dan mempraktikkan agama dalam kehidupan sehari-hari. (3) Kepemimpinan kepala sekolah belum mampu mengembangkan budaya religius di SMP Satu Atap Kecamatan Pelangiran.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Model Kepemimpinan, Budaya Religius
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 17 Jan 2020 02:09
Last Modified: 20 Jan 2020 02:42
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/763

Actions (login required)

View Item View Item