MANAJEMEN PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN NON FORMAL DIDESA AIR TAWAR KECAMATAN KATEMAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU

Rahmawati, Siti (2018) MANAJEMEN PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN NON FORMAL DIDESA AIR TAWAR KECAMATAN KATEMAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MMP. 1622649 Siti rahmawati MPI - Samawa Berkah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengelolaan dana desa (alokasi dana desa) dalam menunjang pendidikan non formal di desa air tawar, rumusan ini meliputi: pertama Bagaimana manajemen dana desa yang dilaksanakan di Desa Air Tawar, kedua Mengapa penggunaan dana desa belum mendukung penyelenggaraan pendidikan non formal di Desa Air Tawar, ketiga Mengapa pendidikan non formal di Desa Air Tawar belum mengalami perkembangan yang optimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa1. Kurangnya Alokasi Dana Desa di bidang pembinaan yaitu magrib mengaji dan pendidikan PAUD. 2. Dalam pengunaan dana alokasi desa untuk insentif pendidikan informal sebagai berikut: a. Perencanaan program APBDesa Desa Air tawar Kecamatan Kateman secara bertahap telah melaksanakan konsep pembangunan partisipatif masyarakat desa yang dibuktikan dengan penerapan prinsip partisipatif, responsif, transparansi. Guna pembelajaran sumber daya masyarakat desa dalam rangka mewujudkan pemberdayaan masyarakat desa melalui forum Musrenbangdes (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa). b. Pelaksanaan program APBDesa di Kecamatan Kateman telah menerapkan prinsip prinsip partisipatif, responsif, transparan. Walaupun penerapan prinsip akuntabilitas pada tahap ini masih sebatas pertanggungjawaban fisik, sedangkan sisi administrasi masih belum sepenuhnya dilakukan dengan sempurna.c. Pertanggungjawaban APBDesa baik secara teknis maupun administrasi sudah baik, namun dalam hal pertanggungjawaban administrasi keuangan kompetensi sumber daya manusia pengelola merupakan kendala utama, sehingga masih memerlukan pendampingan dari aparat Pemerintah Daerah guna penyesuaian perubahan aturan setiap tahun. d. Pengawasan dalam pembentukan APBDes di Desa Air tawar pengawasan sangat baik dan dalam penyaluran dana pengawasannya sudah baik tetapi belum optimal. 3. Untuk perkembangan pendidikan di desa Air tawar belum sepenuhnya mengalami perkembangan yang signifikan dikarena insentif yang di salurkan untukkegiatan pendidikan informal sangat terbatas.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Manajemen keuangan, Dana AlokasiDesa, Pendidikan Non Formal.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 17 Jan 2020 02:02
Last Modified: 20 Jan 2020 02:43
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item View Item