PERBANDINGAN ANTARA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 TANJUNG JABUNG TIMUR

AMALIA, NURUL UTAMI and Ubaidah, Siti and Gazali, M. (2021) PERBANDINGAN ANTARA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 TANJUNG JABUNG TIMUR. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Perbandingan Antara Pemahaman Konsep Matematika Model Problem Based Learning Dengan Model Contextual Teaching And Learning Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Tanjung Jabung Timur)
SKRIPSI NURUL UTAMI AMALIA.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Antara Pemahaman Konsep Matematika Model Problem Based Learning dengan Model Contextual Teaching and Learning di Sekolah Menegah Pertama Negeri 22 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling yang dilakukan dengan cara kuota terbatas yaitu sampel berjumlah 30 siswa. 15 siswa sebagai kelas eksperimen I dan 15 siswa sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes essay berjumlah 5 soal. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t sampel tak bebas dan uji-t sampel bebas. Dari uji-t sampel tak bebas (kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning) pada taraf signifikansi 5% diperoleh 13,663>2,14479, uji-t sampel tak bebas (kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning) pada taraf signifikansi 5% diperoleh 11,208>2,14479 dan dari uji-t sampel bebas (kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning) pada taraf signifikansi 5% diperoleh 0,52167≤1,70113. Artinya bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning tidak ada perbedaan dengan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model pembelajaran Problem Based Learning, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, kemampuan pemahaman konsep matematika
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 28 May 2021 07:09
Last Modified: 28 May 2021 07:09
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/7566

Actions (login required)

View Item View Item