MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBERDAYAKAN SUMBER DAYA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-IKHLAS SUNGAI GUNTUNG

Hadamiah, Hadamiah and Yamin, Martinis and Huda, Syamsul (2018) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBERDAYAKAN SUMBER DAYA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-IKHLAS SUNGAI GUNTUNG. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MMP.1622633 HADAMIAH BOOKMARK - Hadamiah Maron.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan Manajemen Kepala Sekolah Dalam Memberdayakan Sumber Daya Guru Di Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas, yang meliputi masalah: pertama, Bagaimana manajemen kepala sekolah dalam upaya memberdayakan sumber daya guru. Kedua, mengapa kepala sekolah melakukan pembahuruan manajemen untuk memberdayakan sumber daya guru. Ketiga, Bagaimana peran dan strategi kepala sekolah dalam melakukan pembaharuan manajemen untuk memberdayakan sumber daya guru di Madrasah Tsanawiyah Al-ikhlas Sungai Guntung.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengunakan metode pengumpulan data kuisioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi dan melakukan konsultasi ke pembimbing. Penelitian ini mendapatkan hasil : 1) Dalam memberdayakan sumber daya guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas Sungai Guntung Sungai Guntung, gaya kepemimpinan kepala madrasah adalah gaya kepemimpinan demokrasi partisipatif, yaitu kepala madarasah dalam pengambilan kebijakan seringkali berdiskusi dengan bawahanya, agar dapat melihat masalah tersebut tidak hanya dari satu sisi, namun juga dari sisi lainnya. Ini menunjukan bahwa kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas Sungai Guntung Sungai adalah kepemimpinan yang mengedepankan musyawarah mufakat, dalam artian bahwa kepala madrasah sangat mengahargai bawahannya sebagai mitra yang bertanggung jawab dalam mencapai sebuah tujuan pendidikan. 2) Faktor manajemen dalam kepemimpinan Kepala Madarasah merupakan faktor yang sangat dominan terhadap Pemberdayaan Sumber Daya Guru, hal ini dapat dilihat dari upaya kepala sekolah dalam mendorong, memotivasi, membimbing, memberikan pelatihan dan reward. Upaya – upaya tersebut terlihat dari kebijakan sekolah yang memberikan kesempetan kepada guru untuk ikut terlibat dalam kegiatan pelatihan dan bimbingan. Kedua, Faktor Kemampuan kepala sekolah dalam membuat perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan. 3) dalam rangka meningkatkan mutu tersebut, berdasarkan hasil wawancara dan observasi, kepala sekolah melalui kerjasama dengan pengawas sekolah membuat semacam pelatihan dan bimbingan yang bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap guru-guru yang ada di madrasah. Pelatihan tersebut dilaksanakan berdasarkan hasil evaluasi supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah terhadap guru Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas Sungai Guntung.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Manajemen, Kepala Sekolah, Sumber Daya Guru
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 17 Jan 2020 01:42
Last Modified: 20 Jan 2020 02:47
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/756

Actions (login required)

View Item View Item