MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 KATEMAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU

Kasim, Mohd and Mukhtar, Mukhtar and Jalaludin, Jalaludin (2018) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 KATEMAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MMP.1622639 MOHD KASIM PDF - mustafa.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di SMP Negeri 2 Kateman. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah mengapa manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di SMP Negeri 2 Kateman belum optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi keterpercayaan hasil penelitian diperoleh dengan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi data dan konsultasi pembimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah belum mampu meningkatkan partisipasi masyarakat di SMP Negeri 2 Kateman karena tidak adanya skala prioritas perbaikan peningkatan partisipasi masyarakat setiap tahunnya. Manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di SMP Negeri 2 Kateman dimulai membuat rencana kerja seadanya tentang peningkatan partisipasi masyarakat, kemudian menerima siswa baru dalam melakukan pengembangan kecakapan hidupnya, membina guru yang bukan sarjana pendidikan luar sekolah agar bisa bekerja dalam peningkatan partisipasi masyarakat, juga mengelola fasilitas yang terbatas ketersediannya untuk membantu kerja program tersebut.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Manajemen Kepala Sekolah, Partisipasi Masyarakat
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 17 Jan 2020 01:39
Last Modified: 19 Apr 2020 09:15
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/755

Actions (login required)

View Item View Item