KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA DENGAN KOMITE MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH KECAMATAN PELANGIRAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU

Mustafa, Mustafa and Mukhtar, Mukhtar and Jalaludin, Jalaludin (2018) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA DENGAN KOMITE MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH KECAMATAN PELANGIRAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MMP.1622640_MUSTAFA_MPI - mustafa.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kerja sama dengan komite Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Kecamatan Pelangiran. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah mengapa manajemen kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kerja sama dengan komite Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Kecamatan Pelangiran belum optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. keterpercayaan diperoleh dengan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi data dan konsultasi pembimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah belum mampu meningkatkan kerjasama dengan komite MTs Darul Hikmah Pelangiran karena program yang ada belum berorientasi skala prioritas dimana sekala prioritasnya harus jelas dan terarah dan kemampuan sumber daya komite madrasah yang belum memadai. Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kerjasama dengan komite madrasah sebagai a) Pemberi pertimbangan (advisory agency) dalam kebijakan,dimana komite dapat memberikan ide ide perencaan, baik material maupun ide b) pendukung (supporting agency) finansial, pemikiran, maupun tenaga, c) pengontrol pengawas (controlling agency) dimana komite harus dapat memberikan pengawasan terhadap keberadaan sekolah bukan hanya sebagai symbol atau wadah sebagai untuk administasi sekolah, komite harus mampu memberikan suasana nyaman bagi seklah dan Bersama sekolah membangunan sekolah untuk menjadi lebih baik dan maju. dalam rangka transparansi dan akuntabilitas, dan d) penghubung antara pemerintah (eksekutif) dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Komite Madrasah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 17 Jan 2020 01:33
Last Modified: 19 Apr 2020 09:14
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/754

Actions (login required)

View Item View Item