MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH SUNGAI GUNTUNG KECAMATAN KATEMAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR - RIAU

Yusuf, S. M. and Hilmi, Hilmi and Jamaluddin, Jamaluddin (2018) MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH SUNGAI GUNTUNG KECAMATAN KATEMAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR - RIAU. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MMP.1622644.S. M. YUSUF. MPI - Indra Bangsawan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan kontrol manajemen perubahan oleh Kepala Sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru (2) Bagaimana pelaksanaan kontrol manajemen perubahan oleh Kepala Sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kontrol manajemen perubahan oleh Kepala Sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Sungai Guntung. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) observasi, (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Sedangkan keabsahan data dengan menggunakan, (1) perpanjangan keikutserataan, (2) ketekunan pengamatan, (3) triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, maka diperoleh suatu gambaran bahwa (1) Perencanaan kontrol manajemen perubahan oleh Kepala Sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Sungai Guntung, maka telah melakukan beberapa perencanaan iaitu: (a) Memberikan penghargaan kepada guru terbaik, (b) Menciptakan suasana yang harmonis, (c) Memperhatikan kesejahteraan guru dan karyawan, (d) Membuat program sekolah, (e) Menentukan kerja sesuai kemampuan guru dan karyawan, (f) Membina guru dan staf, (g) dan Penggandaan atau perbaikan sarana dan prasarana sekolah. (2) Pelaksanaan kontrol manajemen perubahan oleh Kepala Sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Sungai Guntung, dalam pelaksanaan kontrolnya kepala sekolah (a) memberikan penghargaan, (b) menciptakan suasana yang harmonis, (c) memperhatikan kesejahteraan guru dan karyawan, (d) membuat program sekolah, (e) membina guru dan staf, (3) Faktor pendukung yang peneliti temui ialah ada dukungan dari yayasan, adanya kerja sama yang baik antara guru, staf dan kepala sekolah, adanya suasana kekeluargaan yang teripta, sedangkan faktor penghambatnya ialah masih sulitnya kepala sekolah membagi waktu kegiatan yang ada di luar dan kegiatan yang ada di dalam sehingga kontrol terhadap pelaksanaan sedikit terganggu, Sumber Daya Manusia yang kurang, sulitnya menemukan guru terbaik meskipun sudah kriteria- kriteria yang sudah di tentukan. Kesimpulannya adalah bahwa pelaksanaan dan perencanaan sudah dilaksanakan dengan baik, walaupun di sisi lain masih kurang maksimal dan masih ada beberapa kendala yang dihadapi pihak kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Manajemen Perubahan dan Motivasi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 16 Jan 2020 07:51
Last Modified: 21 Jan 2020 06:34
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/753

Actions (login required)

View Item View Item