KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN AKREDITASI MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH KECAMATAN KATEMAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU

Sudino, Sudino and Risnita, Risnita and Musa, Musa (2018) KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN AKREDITASI MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH KECAMATAN KATEMAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MMP.1622650_SUDINO_Manajemen Pendidikan Islam - sudino aldinofa.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan akreditasi Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau berdasarkan grand tour di temukan bahwa realisasi manajerial kepala madrasah belum begitu efektif terhadap pemenuhan standar borang akreditasi serta masih kurang memotivasi bawahan dalam melaksanakan tugas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menekankan analisis proses dari proses berpikir secara induktif yang berkaitan dengan dinamika hubungan antar fenomena yang diamati, dan senantiasa menggunakan logika ilmiah. Teknik pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), sumber data primer, dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi berperan serta (participan observation), wawancara mendalam (in depth interview) dan dokumentasi. Hasil dari penelitan bahwa berdasarkan analisis fakta empiris yang terjadi Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau maka dapat simpulkan bahwa kompetensi manajerial dalam memenuhi standar penilaian akreditasi sudah terlaksana dengan optimal serta tugas dan fungsi sebagai kepala madrasah sudah berjalan dengan baik walaupun masiah terdapat kekurangan. Kepala madrasah juga sudah merencanakan dan membagi tugas kepada guru guru untuk mengidentifikasi dokumen-dokumen yang berhubungan dengan borang akreditasi. Kesimpulan penelitian ini adalah secara prosedur proses manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan akreditasi madrasah belum cukup optimal hal ini dikarenakan ada beberapa komponen manajerial kepala madrasah belum terlaksana dengan baik, ada banyak faktor yang menyebabkan belum optimalnya manajerial kepala Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir yaitu kesibukan lainnya serta kurangnya pengalaman kepala madrasah. Faktor lainnya yang mendasar yaitu kurang komunikasi, koordinasi dan pengawasan kepada unsur-unsur yang terlibat dalam organisasi madrasah.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Kompetensi Manajerial, Akreditasi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 16 Jan 2020 07:49
Last Modified: 21 Jan 2020 06:35
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/752

Actions (login required)

View Item View Item