GAYA KEPEMIMPINAN KETUA YAYASAN DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN GURU DI MADRASAH ALIYAH SWASTA (MAS) AL-IKHLAS SUNGAI GUNTUNG

Abidin, Zainal and Jamaluddin, Jamaluddin and Arifullah, Mohd. (2018) GAYA KEPEMIMPINAN KETUA YAYASAN DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN GURU DI MADRASAH ALIYAH SWASTA (MAS) AL-IKHLAS SUNGAI GUNTUNG. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
MMP.1622654_ZAINAL ABIDIN_Manajemen Pendidikan Islam - zainal abidin.pdf

Download (10MB)

Abstract

Guru merupakan ujung tombak pendidikan. Baik tidaknya kualitas pendidikan sebagian besar tergantung pada guru. Karena itu, beban guru sangatlah berat. Karenanya merupakan suatu hal yang wajar jika kesejahteraan guru harus diperhatikan. Guru dapat diartikan sebagai orang yang tugasnya terkait dengan upaya mencerdaskan bangsa dalam semua aspeknya, baik spiritual, intelektual, fisikal, maupun aspek lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari penyebab kurang optimalnya kesejahteraan guru di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Al-Ikhlas Sungai Guntung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan Ketua Yayasan cukup maksimal dengan gaya kepemimpinan yang dimilikinya yaitu: demokratis, konsultif, partisipatif, delegatif, instruktif, perhatian terhadap bawahan, perhatian terhadap tugas, dan mensupervisi bawahan. Dengan adanya kepemimpinan tersebut maka dapat meningkatkan kesejahteraan guru, ketua yayasan melakukan berbagai cara antara lain: 1) memberikan gaji yang cukup kepada guru, dimana gaji guru disesuaikan dengan UMR, 2) Memperhatikan kebutuhan guru-guru, 3) Memberikan kesempatn pada guru guru untuk maju, seperti mengikutkan guru guru untuk mengikuti diklat, 4) Memberikan jaminan kesejahteraan kepada guru guru seperti: a) Mendapatkan promosi serta penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi kerja b) memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi c) Memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas dan hak atas kekayaan intelektual (d) Memperoleh dan memanfaatkan sarana dan prasarana pembelajaran untuk menunjang kelancaran tugas keprofesionalan, e) memiliki kebebasan untuk berserikat dalam organisasi profesi, f) memiliki kesempatan untuk berperan dalam penentuan kebijakan pendidikan.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 16 Jan 2020 07:23
Last Modified: 21 Jan 2020 06:40
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/751

Actions (login required)

View Item View Item