KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER JUJUR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KOTA JAMBI

Yulia, Yulia and Us, Kasful Anwar and Jalaluddin, Jalaluddin (2020) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER JUJUR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KOTA JAMBI. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER JUJUR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KOTA JAMBI)
MPA1722805 - KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER JUJUR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KOTA JAMBI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dalam temuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung sekaligus upaya yang dilakukan oleh Guru PAI dalam Membina Pendidikan Karakter Jujur Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Jambi yang masih dirasakan belum opimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu suatu metode yang digunakan untuk menemukan pengetahuan yang seluas�luasnya terhadap objek penelitian pada saat penelitian dilaksanakan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian Deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompetensi Kepribadian Guru PAI Dalam Membina Karakter Jujur Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Jambi sudah baik. Hal ini dapat dilihat bahwa para pendidik sudah memiliki kompetensi dalam dirinya untuk membelajarkan dan membina karakter peserta didik dengan kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian yang akan mempercakap profesinya. Kompetensi, salah satunya adalah kompetensi kepribadian seorang guru di sekolah sudah mampu menjadi model atau tauladan bagi orang-orang disekitarnya, terkhusus bagi siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Jambi. (1) Faktor-Faktor Penghambat: Faktor internal, a. Kurangnya kesadaran dalam diri siwa terhadap pentingnya kejujuran; b. Sebagian siswa tidak disiplin di sekolah; c. Terbatasnya pengawasan dari sekolah. Faktor eksternal, a. Lingkungan keluarga; b. Lingkungan masyarakat. (2) Faktor pendukung: a. Dorongan dari kepala sekolah; b. Dedikasi guru terhadap tugas dan tanggung jawabnya; c. Keteladanan guru. Upaya Guru PAI dalam membina karakter jujur siswa: (1) Integrated Kurikulum; (2) Keteladanan; (3) Pembiasaan; (4) Bimbingan konseling; (5)Membangun tim peningkatan pembinaan karakter jujur pada siswa. Implikasinya adalah Kompetensi Kepribadian Guru PAI dalam Membina Pendidikan Karakter Jujur Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Jambi agar lebih meningkatkan kompetensi kepribadian dengan banyak membaca dan mengenali lingkungan sekitar, memakai metode bervariasi dalam proses pembinaan karakter jujur siswa, memanfaatkan media dan teknologi dalam pembinaan serta meningkatkan keteladanan sebagai seorang guru.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Kompetensi kepribadian, Guru PAI, Karakter jujur siswa
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:20
Last Modified: 14 Apr 2022 02:22
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/7505

Actions (login required)

View Item View Item